Bagikan:

JAKARTA – Unggahan teranyar di Instagram Lionel Messi menuai sorotan. Bukan perihal kontroversi, melainkan penampilan menawan pesepak bola asal Argentina itu.

Messi tampak berpose dalam sebuah sesi foto dalam unggahannya itu. Hal yang mencuri perhatian tak lain ialah jersey yang ia kenakan.

Pemain 36 tahun itu seakan membawa pencinta sepak bola kembali ke era 1980 hingga pertengahan 1990-an.

Ya, Messi tengah melakukan sesi foto untuk memperkenalkan koleksi jersey retro Timnas Argentina keluaran apparel ternama, Adidas.

Jersey La Albiceleste didesain seperti masa 1990-an. Insiprasi koleksi retro tersebut berasal dari masa-masa di mana Diego Maradona masih merumput.

Tepatnya, seragam retro Argentina ini merupakan perombakan dari jersey tandang berwarna biru tua yang dikenakan Maradona di Piala Dunia 1994.

Versi modern yang baru diluncurkan tetap mempertahankan kemegahan aslinya. Sebut saja panel berlian hitam di satu sisi depan hingga pola berulang logo Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) yang tertanam di dalam seragam tersebut.

Namun, masalahnya inspirasi jersey retro Argentina ini mengingatkan kepada salah satu masa kelam Albiceleste di Piala Dunia 1994.

Turnamen itu merupakan kegagalan bagi Albiceleste dan Maradona yang bermain dua kali pada babak penyisihan grup di Amerika Serikat sebelum dipulangkan karena gagal dalam tes narkoba.

Terlepas dari itu, tema retro yang diusung sang apparel tak cuma untuk Argentina. Ada sembilan tim nasional lain yang juga dibuatkan, seperti Belgia, Chile, Kolombia, Jerman, Italia, Jamaika, Meksiko, Spanyol, dan Swedia.