Bagikan:

JAKARTA - Mauricio Pochettino, manajer Chelsea, mengatakan bahwa klub tersebut harus membangun kembali kepercayaan dengan para penggemarnya jika mereka berharap untuk membalikkan tren buruk mereka di kandang. Chelsea hanya memenangkan satu dari 13 pertandingan terakhir Liga Premier di Stamford Bridge.

Tren buruk itu dimulai sejak kemenangan 1-0 atas Leeds pada Maret, dan sejak itu mereka hanya meraih satu kemenangan kandang melawan Luton pada Agustus.

Kekalahan 2-0 dari Brentford pada  Sabtu 28 Oktober adalah kekalahan ketiga mereka di kandang dalam enam pertandingan musim ini. Mereka juga terlihat kembali ke kebiasaan lama yang ragu-ragu dan kesulitan mencetak gol yang telah menjadi ciri selama klub dimiliki Todd Boehly selama 18 bulan terakhir.

Pada suatu saat di babak pertama, Pochettino terlibat dalam konfrontasi dengan seorang pendukung yang mempertanyakan kontribusi striker Nicolas Jackson, dan ada perubahan suasana yang terasa ketika Brentford unggul sebelum menit ke-60.

Secara keseluruhan, hanya ada tiga kemenangan kandang dalam Liga Premier tahun 2023, dengan tim tersebut gagal mencetak gol dalam 10 pertandingan di semua kompetisi.

"Kuncinya adalah menciptakan suasana yang baik," kata Pochettino. "Saya pikir Anda perlu berada dalam hubungan yang baik dengan para penggemar, dengan tim. Tim perlu menyampaikan kepada para penggemar bahwa mereka dapat percaya pada mereka.

"Saya pikir ini (membutuhkan) waktu. Kami memiliki banyak pemain berbakat tetapi mereka masih sangat muda. Saya tidak berbicara tentang mentalitas klub atau lambangnya, karena Chelsea tentang kemenangan dan mentalitas juara yang kuat.

"Tim ini masih muda dan kami perlu menyamai tingkat kapasitas ini untuk selalu bersaing dengan sebaik-baiknya. Kita bisa berbicara tentang Cole Palmer yang datang dalam momen-momen terakhir (jendela transfer) dan dia menunjukkan karakter, mengambil tanggung jawab untuk mengeksekusi penalti. Ini selalu tentang mencari keseimbangan yang baik," ungkapnya. 

Pochettino memiliki 10 pemain inti yang tidak tersedia saat melawan Brentford, dengan Mykhailo Mudryk dan Enzo Fernandez, yang sedang dalam performa bagus, bergabung dengan daftar cedera yang panjang sebelum pertandingan dengan masalah ringan.

Kapten Reece James hanya fit untuk beberapa menit akhir dari bangku cadangan untuk pertandingan kedua berturut-turut, sementara Ben Chilwell juga absen.

"Kami tidak mengeluh atau mencari alasan, tetapi kami membutuhkan semua skuad dalam keadaan fit," kata Pochettino. "Kami memiliki terlalu banyak keadaan saat ini di mana kami bersaing tetapi ada yang hilang. Ketika kami memiliki semua pemain fit, saya pikir tim akan menemukan keseimbangan itu."

"Tidak mudah membangun kepercayaan (dengan para penggemar) dan menjadi dewasa serta menerima kadang-kadang pertandingan berjalan ke arah yang tidak Anda inginkan," ujarnya.

"Anda perlu tenang pada saat ini untuk memiliki karakter, cukup dewasa, dan memiliki kapasitas untuk mengatakan 'kita bermain dengan (gaya) kita'. Anda butuh waktu. Ini tentang kematangan yang perlu kita dapatkan," pungkasnya.