Ancelotti Kaget, Bellingham yang Bawa Real Madrid Menangi el Clasico
Pemain muda Real Madrid Jude Bellingham membawa tim mengalahkan Barcelona di el clasico. (Twitter @realmadrid)

Bagikan:

JAKARTA - Laga el Clasico yang mempertemukan dua raksasa La Liga Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, sudah pasti menghadirkan tensi dan emosi tinggi. Namun pemain muda Jude Bellingham menunjukkan kematangan dengan membawa Madrid menang 2-1 atas Barca dalam duel di Stadion Olympic Lluis Companys, Sabtu, 28 Oktober malam WIB. Bahkan pelatih Carlo Ancelotti malah kaget dengan performa pemainnya.

Ancelotti tak segan memuji Bellingham yang menunjukkan kematangan dan tak kehilangan ketajaman dalam big match. Tekanan mental yang berat karena melakoni debut di el clasico bisa dilewati dengan mudah oleh pemain berusia 20 ini.

Belum lagi Bellingham yang sesungguhnya masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan sepak bola Spanyol sejak direkrut dari Borussia Dortmund di awal musim ini. Namun pemain sayap tim nasional Inggris ini tak kesulitan menyesuaikan diri dengan kompetisi La Liga.

Bellingham pun terlihat langsung nyetel dengan tim saat Ancelotti menempatkannya sebagai attacking midfielder di belakang Vinicius Junior dan Rodrygo.

Ancelotti pun tak segan memuji performa Bellingham yang disebutnya 'stupendous' dan bermain seperti layaknya seorang veteran dalam el clasico.

"(Bellingham) terlihat seperti seorang veteran. Ini karena sikap yang dia tunjukkan di pertandingan yang tak mudah bagi kami. Gol pertama dia yang mengubah segalanya," kata Ancelotti.

"Saya harus mengakui kami semua terkejut dengan penampilannya yang luar biasa, terutama level bermain dan efektivitasnya. Dia selalu ada di setiap sudut lapangan," ujar eks pelatih AC Milan ini.

"Di pertandingan ini, dia sungguh 'stupendous' (sangat mengagumkan) dengan golnya yang sangat indah dari luar kotak penalti," ucap eks manajer Chelsea dan Everton ini.

Gol Bellingham di el clasico menjadikan dirinya telah mengoleksi 10 gol. Dirinya menjadi top scorer La Liga dengan mengungguli striker Atletico Madrid Antoine Griezmann yang mencetak tujuh gol.

"Bellingham tampaknya bisa mudah mencetak 20 atau 25 gol musim ini. Meski kami tak berharap dia menjadi pencetak gol, namun dia sudah mencetak banyak gol. Kami juga berharap gol-gol dari striker," kata Ancelotti lagi.

Pujian kepada Bellingham juga disampaikan gelandang veteran Luka Modric. Menurut dia Bellingham seperti sudah lama bermain di Madrid.

"Dia seperti sudah lama bermain di sini dan bukan tiga bulan. Dia menunjukkan kepribadian dan karakter yang sangat bagus. Dia memang beradaptasi dengan baik," kata Modric.

"Dia pemain dengan talenta istimewa. Bahkan saya yakin dia sendiri malah tak percaya bisa mencetak banyak gol," ujarnya.

Kemenangan di el clasico mengembalikan Madrid ke puncak klasemen dengan menggeser Girona. Kini, Madrid memiliki poin 28. Sama dengan Girona, tetapi Madrid unggul selisih gol. Barca yang menduduki peringkat tiga mengantungi poin 24.