Bagikan:

YOGYAKARTA - Seremoni Ballon d’Or sangat dinanti-nantikan oleh para pecinta sepak bola di seluruh dunia. Even ini digelar setiap tahun untuk memberi penghargaan pemain sepak bola terbaik di dunia. Lantas kapan jadwal Ballon d’Or 2023 digelar dan siapa saja kandidatnya?

Ballon d’Or merupakan ajang penghargaan bergengsi di dunia sepak bola. Dari beberapa bintang lapangan hijau, akan dipilih satu pemain yang menyandang predikat pesepakbola terbaik. Pemilihan pemenang Ballon d’Or ditentukan berdasarkan performa satu musim, bukan lagi dalam satu kalender. 

Pemilihan pesepakbola terbaik edisi ini dinilai berdasarkan rentang musim dari 1 Agustus 2022 sampai 31 Juli 2023. Ada sebanyak 30 nama pemain yang masuk nominasi Ballon d’Or 2023.

Jadwal Ballon d’Or 2023

 Ballon d’Or 2023 bakal diselenggarakan di Paris, Prancis, pada 30 Oktober 2023 waktu setempat atau Selasa (31/10) dini hari WIB. Even ini bakal berlangsung di Theatre du Chatelet, yang berada di Kota Paris. Seperti dalam even-even sebelumnya, seremoni kali ini bakal mendatangkan para pemain, pelatih, dan sosok-sosok penting lainnya dalam dunia sepak bola. 

Dalam even Ballon d’Or 2023 akan diumumkan penghargaan untuk berbagai kategori, bukan hanya pesepakbola pria terbaik. Bakal ada pengumuman untuk penghargaan trofi Kopa bagi pemain muda terbaik, trofi Gerd Muller bagi striker terbaik, trofi Yashin bagi kiper terbaik, penghargaan Socrates bagi pemain dengan aksi sosial terbaik, penghargaan untuk tim terbaik, dan Ballon d’Or Feminin bagi pesepakbola wanita terbaik. 

Pemain Kandidat Ballon d’Or 2023

Nama-nama pemain sepak bola yang menjadi kandidat dalam Ballon d’Or 2023 sudah diumumkan pada awal September lalu. Di antara 30 kandidat pesepakbola, muncul sosok-sosok top player yang diunggulkan menyabet status pemain terbaik, yaitu Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Erling Haaland. 

Lionel Messi dijagokan memenangkan Ballon d’Or edisi kali ini karena dilatarbelakangi gelar piala dunia. Sementara Erling Haaland digadang-gadang keluar sebagai pemenang karena membawa Manchester City meraih treble. 

Berikut ini 30 nama pemain sepak bola yang masuk kandidat Ballon d’Or 2023:

  1. Lionel Messi dari Inter Miami
  2. Karim Benzema dari Al Ittihad
  3. Kevin de Bruyne dari Manchester City
  4. Nicollo Barella dari Inter Milan
  5. Jude Bellingham dari Real Madrid
  6. Antoine Griezmann dari Atletico Madrid
  7. Yassine Bounou dari Al Hilal
  8. Ruben Dias dari Manchester City
  9. Ilkay Guendogan dari Barcelona
  10. Erling Haaland dari Manchester City
  11. Josko Gvardiol dari Manchester City
  12. Harry Kane dari Bayern Munich
  13. Khvicha Kvaratskhelia dari Napoli
  14. Randal Kolo Muani dari Paris Saint-Germain
  15. Robert Lewandowski dari Barcelona
  16. Lautaro Martinez dari Inter Milan
  17. Emiliano Martinez dari Aston Villa
  18. Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain
  19. Kim Min-Jae dari Bayern Munich
  20. Julian Alvares dari Manchester City
  21. Luka Modric dari Real Madrid
  22. Martin Odegaard dari Arsenal
  23. Jamal Musiala dari Bayern Munich
  24. Andre Onana dari Manchester United
  25. Rodri dari Manchester City
  26. Mohamed Salah dari Liverpool
  27. Victor Osimhen dari Napoli
  28. Bukayo Saka dari Arsenal
  29. Bernardo Silva dari Manchester City
  30. Vinicius Jr dari Real Madrid

Demikianlah informasi jadwal Ballon d’Or 2023 dan nama-nama kandidat pemain sepakbola yang masuk nominasi. Even ini bisa disaksikan secara online melalui live streaming di sejumlah channel. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.