Dramatis, Gol di Menit 90+6 Menangkan Juventus Lawan Verona
Bek Juventus Andrea Cambiaso merayakan gol yang dicetaknya saat melawan Verona di pertandingan Serie A Italia. (Twitter @juventusfc)

Bagikan:

JAKARTA - Dramatis. Gol di menit terakhir mengantarkan Juventus meraih kemenangan 1-0 melawan Verona di pertandingan Serie A di Stadion Allianz, Minggu, 9 Oktober dini hari WIB. Kemenangan yang menjadikan Juve merebut posisi puncak dengan menggusur Inter Milan.

Juve meluapkan emosi saat merayakan kemenangan di menit terakhir. Bagaimana tidak, Juve dua kali mencetak gol tetapi selalu dianulir wasit. Peluang mendapat penalti pun digagalkan oleh VAR.

Dalam kedaan frustrasi, Andrea Cambiaso yang masuk sebagai pemain pengganti menyelamatkan Juve dari kehilangan poin. Bek berusia 20 ini sukses menjebol gawang Verona saat laga tinggal beberapa menit lagi.

Kemenangan yang sangat berarti karena untuk kali pertama Juve mencicipi posisi puncak setelah mengantungi poin 23.

Hanya, posisi Juve sama sekali tak aman. Pasalnya, Juve cuma unggul satu poin dengan Inter Milan yang turun ke peringkat dua.

Bila menang lawan AS Roma dalam big match di Stadion Giuseppe Meazza, Senin, 30 Oktober dini hari WIB, maka Inter akan kembali ke puncak klasemen.

Begitu pula bila AC Milan menang atas Napoli, maka mereka dipastikan menggeser Juve. Milan sendiri yang memiliki poin 21 turun ke peringkat tiga.

Sementara, Verona gagal menjauh dari zona degradasi. Kekalahan itu menjadikan Verona tetap berada di peringkat 16 dengan poin delapan. Mereka hanya unggul dua poin dari Udinese yang menduduki posisi 18 atau tim teratas di zona degradasi.

Dalam pertandingan itu, Juve menunjukkan dominasi atas lawannya. Mereka unggul dalam penguasaan bola dan berkali-kali nyaris membobol gawang Verona.

Striker Dusan Vlahovic yang kembali bermain setelah absen di beberapa pertandingan mengawai laga dengan mengancam gawang Lorenzo Montipo. Namun upayanya masih gagal.

Selanjutnya, striker Moise Kean yang menjadi tandem Vlahovic sukses mencetak gol di menit 13. Namun wasit Ermanno Feliciani kemudian meninjau kejadian gol melalui VAR. Hasilnya, gol Kean dianulir karena Vlahovic dalam posisi offside sebelum terciptanya gol.

Juve kembali memberi tekanan terhadap pertahanan Verona. Namun serangan mereka tak pernah memberi hasil positif.

Saat babak pertama segera berakhir, wasit menghentikan pertandingan karena kemungkinan adanya penalti untuk Juve.

Setelah peninjauan dari VAR, ternyata tidak ada pelanggaran dan wasit batal memberikan penalti untuk Juve. Skor tetap tanpa gol sampai berakhirnya babak pertama.

Di babak kedua, La Vecchia Signora tetap memegang kendal permainan. Tak lama pertandingan berlangsung, Kean kembali membobol gawang Verona. Dirinya menyambut umpan silang Weston McKennie dengan sundulan keras yang menggetarkan jala lawan.

Lagi-lagi, wasit menganulir gol Kean setelah meninjaunya lewat VAR. Gara-garanya dalam proses terciptanya gol, lengan Kean membuat gerakan yang mengenai gelandang Verona Davide Faraoni.

Skor belum berubah. Tak lama kemudian pelatih Massimiliano Allegri menarik Kean untuk digantikan Federico Chiesa di menit 62. Masuknya Chiesa diharapkan bisa menambah daya gedor Bianconeri.

Selanjutnya, giliran Vlahovic yang digantikan striker Arkadiusz Milik. Kehadiran Milik memang menjadikan serangan Juve tetap hidup meski masih gagal untuk mencetak gol.

Kesabaran Juve akhirnya membuahkan hasil saat pertandingan memasuki injury time. Berawal dari sundulan Milik yang menerima umpan silang Federico Gatti masih membentur tiang gawang.

Bola reboud kemudian hendak dibuang Pawel Dawidowicz. Namun dia gagal melakukan sapu bersih karena bola malah jatuh di kaki Cambiaso.

Dirinya langsung melepaskan tendangan ke gawang Verona. Gol! Ini menjadi gol pertama Cambiaso sekaligus membawa Juve menang 1-0 atas Verona.