3 Olahraga Pengganti Jalan Kaki 10.000 Langkah Sehari
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Ray_Shrewsberry)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gerak fisik harian adalah berjalan 10.000 langkah per hari. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut bukan hal yang mudah dilakukan, mengingat jalan kaki 10.000 langkah itu kurang lebih setara dengan 8 kilometer. Lantas, adakah olahraga pengganti jalan kaki 10.000 langkah sehari?

Menurut riset terbaru, terdapat cara yang lebih efisien untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang sama, tanpa harus meluangkan waktu untuk berjalan 10.000 langkah per hari. Apa saja? simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pengganti Jalan Kaki 10.000 Langkah Sehari

  1. Olahraga naik turun tangga

Disadur dari Mayo Clinic, Sabtu, 28 Oktober 2023, olahraga naik turun tangga merupakan salah satu aktivitas fisik harian yang memiliki beragam manfaat kesehatan.

Latihan naik turun tangga selama 15 menit setiap hari setidaknya dapat membakar 65 kalori tubuh. Aktivitas ini bisa Anda lakukan di mana saja, termasuk di rumah maupun di kantor.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Atherosclerosis, menaiki 50 anak tangga per hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 20 persen.

Selain membantu mengurangi risiko penyakit jantung, olahraga naik turun anak tangga juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan membantu meningkatkan kekuatan otot.

  1. Jogging dan bersepeda

Riset lain yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine menunjukkan, aktivitas singkat seperti jogging, dan bersepeda dapat menjadi pengganti jalan 10.000 langkah sehari.

Menurut riset tersebut, olahraga jogging dan bersepeda selama 20-25 menit per hari dapat membantu seseorang hidup lebih lama.

Sementara orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk, baik berbaring atau duduk dengan aktivitas kurang dari 20 menit, mengalami peningkatan risiko kematian sebanyak 40 persen lebih besar.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan aktivitas fisik selama 150 menit dengan intensitas sedang dalam sepekan.

  1. Latihan kekuatan otot

Pengganti jalan 10.000 langkah per hari yang selanjutnya adalah latihan kekuatan otot.

Terkait hal ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyarankan agar orang dewasa melakukan aktivitas penguatan otot selama dua hari dalam sepekan.

Mereka menyebut, orang dewasa tidak perlu melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari dalam satu waktu. Anda dapat menyebarkan aktivitas tersebut dalam sepekan dan membaginya dalam beberapa bagian waktu yang lebih kecil.

Demikian informasi tentang olahraga pengganti jalan kaki 10.000 langkah sehari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.