AC Milan Kalah Telak, PSG ke Puncak Klasemen
Bintang Korea Selatan Lee Kang-in merayakan gol dan membawa Paris Saint-Germain menang 3-0 atas AC Milan di Liga Champions. (Twitter @PSG_inside)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan kalah telak di pertandingan Liga Champions. Dalam duel di Grup F di Stadion Parc des Princes, Kamis, 26 Oktober dini hari WIB, Paris Saint-German menaklukkan Milan 3-0. Kemenangan itu mengantarkan PSG merebut puncak klasemen.

Duel dua tim terbaik di grup maut karena dihuni tim-tim kuat. Hanya saja, Milan tak berkutik saat menyambangi markas PSG dan kembali gagal meraih poin penuh.

Milan harus menelan kekalahan pertama setelah dua kali bermain imbang saat melawan Newcastle United dan Borussia Dortmund.

Hasil itu menjadikan Milan mengalami kesulitan untuk melangkah ke babak knockout. Pasalnya, Rossoneri menduduki dasar klasemen Grup F dengan poin dua.

Sementara, PSG sukses menduduki puncak klasemen. Setelah memetik hasil buruk saat dihajar Newcastle 4-1 di St James' Park, PSG berhasil bangkit untuk menaklukkan Milan.

Kini, PSG mengantungi poin enam. Mereka unggul dua poin dari Dortmund yang menang tipis 1-0 atas Newcastle.

Newcastle yang sebelumnya bertengger di puncak terpaksa lengser dan menempati peringkat tiga dengan poin empat. Poin mereka sama dengan Dortmund, namun The Magpies kalah selisih gol.

Di pertandingan itu, PSG sesungguhnya menampilkan gaya bermain yang agresif. Meski mampu menguasai permainan, namun mereka kesulitan menembus pertahanan Milan.

Butuh kesabaran dari Kylian Mbappe dkk untuk mengoyak pertahanan Rossoneri dan kemudian mengonversi peluang yang diperoleh menjadi gol.

Harapan itu akhirnya kesampaian saat Mbappe membobol gawang Milan di menit 32. Gol berawal dari umpan Warren Zaire-Emery kepada kapten timnas Perancis ini. Mbappe sendiri sempat mengecoh pemain belakang Milan sebelum melepaskan tendangan ke gawang.

Selanjutya, PSG masih gagal menambah gol. Begitu pula Milan yang tak bisa menembus gawang PSG yang dikawal Gianluigi Donnarumma, eks kiper klub Serie A Italia itu. Keunggulan 1-0 PSG bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, PSG bergerak cepat menekan Milan. Hasilnya pemain depan Ousmane Dembele sukses mencetak gol di menit 48. Namun, gol Dembele dianulir karena rekannya Manuel Ugarte dianggap lebih dulu melakukan pelanggaran.

Namun Dembele tak menyerah. Hanya lima menit berselang, mantan pemain Barcelona ini kemudian memberi assist kepada Randal Kolo Muani.

Peluang itu dituntaskan dengan baik saat Muani melepaskan tendangan yang sempat mengenai kiper Mike Maignan sehingga bola berbelok arah dan meluncur ke gawang yang kosong.

Tertinggal 2-0, Milan mencob bangkit. Mereka tercatat mendapat peluang melalui Christian Pulisic yang kemudian digagalkan Donnarumma. Begitu pula usaha Rafael Leao nyaris membuahkan gol bila tidak ditepis kiper timnas Italia ini.

Selanjutnya, Mbappe mendapat dua peluang bagus. Kali ini dua usahanya gagal karena bisa digagalkan secara gemilang oleh Maignan.

Namun Maignan tak bisa mencegah saat bintang Korea Selatan Lee Kang-in membobol gawangnya di menit 89. Dirinya menyelesaikan assist dari Zaire-Emery. Skor berubah menjadi 3-0 untuk PSG dan bertahan sampai akhir laga.