Hasil Liga 1: Drama dan Kontroversi Warnai Kekalahan Persija Jakarta dari RANS Nusantara
Persija Jakarta menelan kekalahan di pekan ke-16 Liga 1 2023/2024 saat menjamu RANS Nusantara. (Foto: Twitter/@Persija_Jkt)

Bagikan:

JAKARTA - Persija Jakarta menelan kekalahan di pekan ke-16 Liga 1 2023/2024 saat menjamu RANS Nusantara. Drama dan kontroversi meliputi kekalahan tuan rumah.

Persija harus menerima kenyataan pahit mulai dari bermain dengan 10 pemain hingga gol kedua yang tak disahkan wasit.

Macan Kemayoran pun tumbang 1-2 saat menjamu RANS Nusantara di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi pada Minggu, 22 Oktober malam WIB.

RANS sukses mengejutkan Macan Kemayoran yang sejak awal tampil menyerang. The Phoenix mencuri gol lebih dulu saat laga baru berjalan 11 menit.

Keunggulan RANS ini membuat pasukan Persija Jakarta semakin merapatkan pertahanan dan menajamkan serangan. Beberapa peluang sempat tercipta bagi Macan kemayoran, tapi hingga turun minum belum ada balasan yang mampu dibuat tuan rumah.

Setelah jeda, Persija dapat peluang saat menit menunjukan angka 53. Saat itu tendangan keras gelandang Persija Riko Simanjuntak dari luar kotak penalti mengarah tepat ke gawang tapi berhasil dihadang kiper tim tamu, Hilman Syah.

Alih-alih bisa mengejar ketertinggalan, Persija malah dipecundangi lagi oleh Rans di menit ke-56. Lewat tendangan bebas Angelo yang mengarah tepat ke sudut kiri atas gawang Persija, pasukan Almeida unggul 2-0.

Dua menit berselang, Persija memperkecil ketertinggalan. Skor berubah menjadi 1-2 lewat sundulan Muhammad Ferarri yang meneruskan umpan lambung Firza Andika.

Pada menit ke-74, bek Persija Rizki Ridho mendapatkan kartu kuning kedua yang berakibat kartu merah usai melanggar Angelo dalam situasi sepak pojok. Tugas Persija kian berat karena harus bermain dengan 10 pemain saat situasi tertinggal 1-2 dari Rans.

Di masa injury time babak kedua Persija sebenarnya mampu membobol gawang RANS lewat tendangan Witan Sulaeman yang membentur mistar. Bola sebenarnya sudah melewati garis gawang RANS, namun wasit tidak mengesahkan gol tersebut karena tak jeli melihat situasi yang terjadi.

Situasi ini langsung menjadi kontroversi di lapangan sebab dari tayangan ulang sangat jelas terlihat bola tendangan Witan sudah masuk ke gawang Rans.

Upaya para punggawa Macan Kemayoran untuk memberikan penjelasan sama sekali tak ditanggapi wasit yang tetap pada keputusannya.

Armada Thomas Doll kemudian terus berusaha memanfaatkan waktu tersisa untuk menyamakan kedudukan. Sayang, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir laga.