Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong menyampaikan kabar buruk jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Brunei Darussalam. Dia memastikan dua pemainnya Marselino Ferdinan dan Rafael Struick tidak akan bermain pada laga itu.

Timnas Indonesia dijadwalkan bersua dengan Brunei pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 12 Oktober besok. Sayang, kedua pemain tersebut dinyatakan belum fit sehingga tidak akan dipaksakan sang pelatih.

"Memang pastinya starting besok Marselino (Ferdinan) dan Rafael (Struick) tidak akan masuk. Apalagi Rafael akan keluar dari daftar nama 23 pemain," kata Shin dalam konferensi pers di SUGBK, Rabu, 11 Oktober 2023.

Kedua nama itu masuk dalam daftar 26 pemain yang dipanggil Shin untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei meskipun dalam kondisi belum bugar sepenuhnya pascacedera.

Pelatih asal Korea itu mengatakan, dirinya sengaja membuat keputusan tersebut karena ingin kedua nama itu tetap berlatih bersama tim. Tujuan agar jika Timnas Indonesia lolos ke kualifikasi babak kedua, Marselino dan Struick sudah bisa menyatu dengan tim.

"Memang sejak awal mereka ada cedera sekarang sebenarnya sudah hampir sembuh dari cedera, tetapi saya tidak akan paksa karena target kita sejak awal November (untuk kualifikasi babak kedua)," kata dia.

"Jadi, saya tidak akan memaksa pemain supaya tidak cedera. Namun, saya memang sengaja panggil supaya mereka tahu bagaimana kami akan bermain. Untuk Marselino dan Rafael bisa saja saya memainkan di laga tandang (melawan Brunei nanti)," imbuh dia.

Di atas kertas Skuad Garuda tetap diunggulkan menang sekalipun tidak diperkuat kedua pemain itu. Secara statistik rekor pertemuan sejak 1971, Timnas Indonesia unggul jauh.

Meski demikian, Shin tak mau timnya memandang remeh lawan. Pasalnya, Tim Merah Putih juga pernah merasakan kekalahan dalam rentang waktu di atas.

"Besok memang kami melawan Brunei Darussalam dan merupakan lawan yang paling berat bagi kami besok itu lengah. Jadi yang penting kami tidak lengah dan bekerja keras di dalam lapangan melawan Brunei, pastinya bisa menunjukkan yang terbaik," ujar dia.