Bagikan:

JAKARTA – Timnas Indonesia akan bersua dengan Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tak boleh jumawa karena Pasukan Garuda memiliki catatan yang tidak mulus.

Bentrok kedua tim akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis, 12 September besok pukul 19.00 WIB. Ini merupakan bentrok ke-14 kali antara kedua tim.

Di bentrok sebelum-sebelumnya sejak 1971, Indonesia tercatat mendominasi dengan mayoritas kemenangan dalam 13 pertemuan. Akan tetapi, Pasukan Garuda juga pernah merasakan dua kekalahan dalam rentang waktu itu.

Dua kekalahan itu masing-masing terjadi di Merlion Cup 1983 dan Pesta Sukan Merdek di tahun 1990. Selain dua kekalahan itu, Indonesia juga ditahan imbang dua kali, yakni di SEA Games 1983 dan 1985.

Meski demikian, Indonesia tercatat menang empat kali beruntun sejak kekalahan kedua. Dalam periode kemenangan tersebut, Garuda bahkan mencetak total 18 gol tanpa  kebobolan.

Kemenangan terakhir terjadi di Piala AFF pada tahun 2022. Ketika itu, Indonesia berhasil mengamankan kemenangan besar tujuh gol tanpa balas saat kedua tim berhadapan di fase grup.

Pelatih Shin Tae-yong  menargetkan untuk melanjutkan tren bagus itu saat bersua di GBK. Kemenangan leg pertama akan membuat timnya lebih rileks memainkan leg kedua di markas Brunei nanti.

Di atas kertas, Timnas Indonesia seharusnya bisa melewati Brunei. Jika sanggup melakukannya maka Indonesia akan lolos kualifikasi putaran kedua dan bergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Kamis, 12 Oktober 2023

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Kick off: pukul 19.00 WIB