Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional Brunei Darussalam, Mario Rivera, siap memberikan kejutan untuk Timnas Indonesia saat kedua tim bersua di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Brunei akan menjalani pertandingan tandang lawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 11 Oktober 2023 pukul 19.00 WIB. Tim tamu dalam kondisi benar-benar siap untuk menghadapi skuad Shin Tae-yong.

"Untuk besok kami tahu pertandingan akan berat buat kami, akan tetapi pertandingan akan dimulai dengan 0-0. Bola itu bundar. Walaupun ranking Indonesia dan Brunei jauh beda, kami akan mencoba untuk memberikan yang terbaik dan tampil kompetitif besok," kata Rivera.

Di atas kertas, Brunei memiliki catatan yang kurang begitu meyakinkan dalam sejarah 13 pertemuan sebelumnya sejak tahun 1971.  Kekalahan terbaru diterima Brunei saat menghadapi Indonesia pada fase grup Piala AFF 2022 lalu.

Ketika itu, pasukan asuhan Rivera tersebut menderita kekalahan telak tujuh gol tanpa balas.

Rivera mengatakan, berbeda dengan bentrok sebelum-sebelumnya, saat ini timnya datang dalam kondisi yang lebih siap. Persiapan matang pun telah dilakukan sehingga target mereka bisa mendapat hasil yang lebih baik.

"Saya pikir pertandingan besok akan sangat berbeda dibanding yang sebelumnya karena akan ada banyak pemain berbeda. Tim kami juga akan berada dalam kondisi yang lebih baik, kami punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri. Kami akan tampil lebih kompetitif," ujar pelatih asal Spanyol berusia 46 tahun itu.

Timnas Indonesia perlu mengamankan kemenangan dalam pertandingan besok agar lebih rileks saat memainkan laga tandang leg kedua ke markas Brunei pada Selasa, 17 Oktober nanti.

Jika sukses dalam dua leg melawan Brunei, Indonesia akan lolos ke putaran kedua. Di putaran tersebut skuad Shin Tae-yong masuk Grup F dan akan menghadapi lawan-lawan yang lebih berat Irak, Vietnam, dan Filipina.