Bagikan:

YOGYAKARTA – Umpan dalam permainan sepak bola adalah gerakan yang dilakukan pemain untuk memindahkan bola ke rekan satu tim lainnya. Jenis umpan dalam sepak bola yang paling sering dilakukan adalah umpan terobosan (through pass).

Through pass adalah umpan yang membelah pertahanan lawan dan mengirim boola ke daerah kosong pertahanan lawan. Jenis umpan ini memanfaatkan celah yang terbuka di antara pemain bertahan lawan yang berdiri di garis akhir pertahanan.

Through pass adalah jenis umpan yang berpotensi menghasilkan gol, terlebih jika didukung oleh pemain yang pintar mencari ruang dan memanfaatkan peluang.

Nah, dalam artikel berikut ini, VOI telah merangkum sejumlah informasi tentang jenis umpan dalam sepak bola. Biar tidak penasaran, simak ulasan berikut ini.

Jenis Umpan Dalam Sepak Bola

Setidaknya, ada empat jenis umpan dalam sepak bola, yakni umpan panjang, umpan pendek, umpan satu dua sentuhan, dan umpan terobosan.

1. Umpan panjang atau long pass

Umpan panjang adalah umpan lambung yang dilakukan dengan jarak yang agak jauh. Jenis umpan ini paling sering dilakukan dalam skema serangan balik yang memanfaatkan ketidaksiapan lawan dalam posisi bertahan.

Bila tim Anda memiliki striker yang memiliki kecepatan, umpan jenis ini akan menjadi sangat berbahaya bagi tim lawan.

Ketika melakukan long pass, perkenaan bagian kaki dengan bola yang tepat adalah punggung kaki atau kura-kura kaki bagian dalam. Umpan panjang bertujuan untuk melewati pertahanan lawan sehingga penyerang dapat dengan mudah mencetak gol.

2. Umpan pendek atau short pass

Short pass adalah jenis umpan yang diberikan kepda rekan setim yang posisinya tidak terlalu jauh.

Teknik tendangan untuk melakukan operan pendek adalah tendangan mendatar. Umpan pendek termasuk jenis passing yang sering digunakan dalam permainan sepak bola.

3. Umpan satu-dua sentuhan atau wall pass

Wall pass atau umpan satu-dua adalah jenis umpan yang dapat memecah konsentrasi pemain bertahan lawan yang terfokus pada bola.

Saat melakukan umpan ini, rekan satu tim bisa bebas bergerak ke ruang yang tidak terkawal untuk menerima bola.

Berikut cara melakukan umpan satu-dua:

  • Pemain 1 atau pemain yang menggiring bola berlari kea rah depan. Saat berhadapan dengan bek atau pemain lawan yang berusaha merebut bola, pemain 1 memberikan umpan pendek ke pemain 2.
  • Pemain 1 melanjutkan larinya melewati pemain lawan.
  • Pemain 2 melakukan operan ke arah jalur lari pemain 1.
  • Pemain 1 menerima operan di sisi luar atau ruang kosong pemain lawan.

4. Umpan trobosan atau through pass

Telah disinggug di atas, Through pass adalah umpan yang membelah pertahanan lawan dan mengirim boola ke daerah kosong pertahanan lawan. Jenis umpan ini memanfaatkan celah yang terbuka di antara pemain bertahan lawan yang berdiri di garis akhir pertahanan.

Through pass adalah jenis umpan yang berpotensi menghasilkan gol, terlebih jika didukung oleh pemain yang pintar mencari ruang dan memanfaatkan peluang.

Demikian informasi tentang jenis umpan dalam sepak bola. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.