Jangan Ketinggalan! Jadwal Lengkap Pertarungan Saul Canelo Vs Jermell Charlo dalam Agenda Tinju Dunia
Canelp Alvarez bertarung melawan Jermell Charlo dalam agenda tinju dunia. (Foto: Twitter/@Canelo)

Bagikan:

JAKARTA - Saul Canelo Alvarez dan Jarmell Charlo akan bertemu di agenda tinju dunia yang digelar di T Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat. Pertarungan keduanya ini akan berlangsung pada Minggu, 1 Oktober pukul 09.00 WIB.

Charlo menerima tantangan Canelo dengan syarat yan tak mudah. Dia harus naik dua tingkatan sekaligus demi melakoni pertarungan ini.

Sebelumnya Charlo memegang status juara tak terbantahkan kelas menengah junior (69 kg), juga sukses menyabet gelar WBC sejak 2019, kemudian WBA (Super), IBF dan Ring sejak 2020, lalu WBO mulai 2022.

Demi mewujudkan tekad menang dalam pertandingan melawan Canelo, Charlo bahkan sampai berusaha menaikkan berat badannya hingga 14 pon atau setara dengan 76 kg.

Catatan 35 kemenangan jadi bekal yang impresif bagi petinju bergaya ortodoks itu guna menumbangkan lawan.

Upaya Charlo yang harus naik dua tingkat demi laga ini dianggap penuh risiko oleh legenda tinju, Roy Jones Jr. Ia berpendapat soal risiko yang timbul karena ia pernah punya pengalaman naik dua kelas ketika mengalahkan John Ruiz di kelas berat WBA pada 2003 silam.

"Anda tidak tahu bagaimana tubuh Anda akan bereaksi terhadap hal itu (menaikkan berat badan dengan drastis). Melompat naik satu kelas adalah hal bagus, tapi jika melompat dua kelas, sedikit sulit," kata mantan petinju dunua, Roy Jones Jr, dikutip Boxing News 24 pada Jumat, 29 September.

Meski dianggap berisiko tinggi, tapi banyak pihak yang memperkirakan Charlo mampu menghadapi Canelo dengan impresif. Pasalnya Canelo disebut mengalami penurunan performa terutama dalam dua duel terakhir, melawan John Ryder dan Gennadiy Golovkin, yang ditentukan oleh keputusan juri.

Pertarungan itu diperkirakan bakal berjalan seru lantaran Canelo Alvarez memiliki status juara tak terbantahkan dari kelas menengah super (76 kg). Nantinya, pemenang duel akan mendapatkan sabuk khusus dari World Boxing Council (WBC) yaitu sabuk Puebla.

Berikut jadwal lengkap pertarungan Canelo Vs Charlo:

T Mobile Arena Las Vegas / Minggu, 1 Oktober 2023 / Pukul 09.00 WIB