Statistik MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi: Peluang Marc Marquez Mengakhiri Dahaga Kemenangan
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: Twitter/@HRC_MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Balapan MotoGP seri ke-14 akan digelar di Sirkuit Motegi, Jepang. Rangkaian balapan dihelat mulai hari ini, Jumat, 29 September, hingga 1 Oktober nanti.

Balapan ini bisa menjadi kesempatan buat Marc Marquez untuk memenangi balapan utama untuk pertama kalinya musim ini. Pasalnya, dia akan tampil di kandang timnya, Repsol Honda.

Jika menang, ini akan jadi yang pertama buat Marquez dalam MotoGP dalam 700 hari sejak kemenangan terakhirnya di MotoGP Emilia-Romagna pada tahun 2021, demikian yang dinukil dari Antara.

Selain itu, jika Marquez finis di podium GP, ia akan melampaui legenda MotoGP Angel Nieto dan menduduki peringkat kelima dalam daftar pebalap dengan jumlah podium GP terbanyak, yaitu 140 podium, menggeser legenda MotoGP Jorge Lorenzo yang berada di peringkat keempat dengan 152 podium.

Sirkuit Mobility Resort Motegi pertama kali dimasukkan ke dalam kalender Grand Prix pada tahun 1999 dan menjadi tuan rumah kompetisi setiap tahun hingga tahun 2019. Sejak tahun 2004, trek ini telah menjadi tuan rumah GP Jepang. Namun, pandemi COVID-19 mengakibatkan pembatalan MotoGP Jepang pada tahun 2020 dan 2021, menjadikan ini kali ke-23 ajang Grand Prix digelar di sirkuit ini.

Terletak di antara keindahan alam yang luas di distrik Kanto Utara, sirkuit lingkar kembar Motegi terdiri dari jalur oval sepanjang 1,5 mil dan jalur jalan raya sepanjang 2,9 mil yang dibangun dengan standar internasional.

Sirkuit ini awalnya dibangun oleh Honda sebagai fasilitas pengujian utama pada bulan Agustus 1997, sebelum akhirnya menjadi tempat diselenggarakannya MotoGP di Negeri Sakura.

Sejumlah pebalap yang mencatat kemenangan MotoGP terbanyak di Motegi adalah Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo, masing-masing dengan tiga kemenangan. Sementara itu, Alex Marquez meraih satu kemenangan di kategori Moto2 dan dua kemenangan di Moto3.

Di sisi lain, Honda telah meraih sembilan kemenangan MotoGP di Motegi, termasuk kemenangan bersama Marc Marquez pada tahun 2016, 2018, dan 2019. Kemenangan kelas premier lainnya bagi Honda di sini adalah kemenangan Valentino Rossi di kategori 500cc pada tahun 2001.

Profil Singkat Sirkuit Motegi:

Panjang lintasan: 4,8 km

Jarak balapan: 24 putaran atau 115,22 km

Pemenang MotoGP Jepang tahun 2022: Jack Miller (Ducati)

Pole position tahun 2022: Marc Marquez (Honda, 1'55,214)