Bagikan:

JAKARTA - Seri ke-14 MotoGP 2023 digelar di Jepang pada akhir pekan ini mulai 29 September - 1 Oktober. Balapan di Sirkuit Motegi itu disambut antusias Marc Marquez yang menyebut MotoGP Jepang selalu spesial baginya.

Sebab balapan ini menjadi momen tampil di hadapan pendukung tempat timnya berasal. Seperti diketahui, Repsol Honda merupakan tim pabrikan yang berbasis di Jepang.

"(Sirkuit) Motegi selalu menjadi balapan spesial, terutama kalau anda merupakan pebalap Honda," kata Marc Marquez dikutip dari GPOne, Rabu 27 September.

Sejauh ini, Marquez dan Honda masih belum meraih hasil yang bagus. Pencapaian terbaik mereka adalah ketika Joan Mir bisa finis kelima di balapan utama MotoGP India pada akhir pekan lalu.

Marquez sejatinya bisa bersaing di antara para pebalap terdepan di MotoGP India 2023. Tapi sayangnya ia mengalami crash hingga melorot ke posisi 19.

Sebenarnya, Marquez sudah pernah merasakan podium. Namun, itu ketika di sprint race MotoGP Portugal dan India.

Berkaca pada torehan yang belum konsisten saat ini, Marquez kemudian berharap bahwa tampil di MotoGP Jepang bisa jadi semangat tersendiri. Dengan dukungan dan kenangan manis di masa lalu, pebalap asal Spanyol ini berharap bisa mempersembahkan sesuatu yang spesial.

“Di masa lalu, kami mempunyai pengalaman yang pantas dikenang, memenangi kejuaraan dan tahun lalu saya kembali ke pole position, jadi saya berharap bahwa kami akan bisa melakukan suatu hal yang spesial,” katanya.

Kendati MotoGP Jepang ini merupakan seri spesial bagi Marquez karena adanya dukungan fans. Tapi ia juga tak ingin jumawa, ia sadar bahwa adaptasi tetap diperlukan di sirkuit yang baginya familiar itu.

“Menyenangkan bisa memberi fans alasan untuk menyemangati kami. Kondisi di Motegi bisa sering berubah. Jadi, kami harus beradaptasi di sepanjang akhir pekan,” ungkap Marquez.

“Tapi, tujuan kami secara keseluruhan tetap sama: untuk terus berkembang dan meraih hasil sebaik mungkin,” tegasnya.