Asian Games 2023: Tim Bulu Tangkis Beregu Putri Indonesia Terhenti di Perempat Final
Tim bulu tangkis beregu putri Indonesia tersingkir di babak perempat final Asian Games 2023. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Tim bulu tangkis beregu putri Indonesia tersingkir di babak perempat final Asian Games 2023, Jumat, 29 September. Gregoria Mariska Tunjung dkk disingkirkan China di partai perempat final dengan skor 0-3.

Gregoria yang tampil sebagai pembuka dihadapkan oleh Chen Yufei di lapangan 1 Bianjiang Gymnasium, Hangzhou. Sayangnya ia takluk dalam straight game dengan skor 21-14 dan 21-12.

Setelah partai pembuka gagal diamankan, asa kontingen Indonesia berlanjut di ganda putri. Ganda terbaik Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menghadapi Chen Qingchen/Jia Yifan.

Sempat tertinggal di gim pertama, Apri/Fadia unggul di gim kedua dan memaksa perpanjangan laga dengan ruber gim. Namun perjuangan panjang itu kandas karena mereka pun gagal menang setelah skor akhir menunjukan hasil 12-21, 21-19, dan 20-22.

Laga ketiga giliran Putri Kusumawardani yang tampil, momen ini juga tak mudah bagi Putri karena ia mesti menang demi menjaga peluang. 

Putri KW menghadapi He Bingjiao di partai ketiga. Namun usahanya untuk membuka poin pertama bagi Indonesia juga pupus. Putri justru gagal dalam dua gim  langsung yang berakhir 21-15 dan 21-19.

Kegagalan Putri KW di partai ketiga itu jelas bukan hal yang diharapkan. Putri yang berupaya tampil fokus mengatakan bahwa lawan kali ini cukup menyulitkan.

Ia juga menyayangkan hasil undian yang langsung mempertemukan Indonesia dengan China. Meski begitu, Putri tetap optimis dan langsung mengalihkan fokus untuk nomor perorangan. 

"Saya tidak terlalu memikirkan kondisi tim yang sedang tertinggal, saya fokus pada persiapan diri sendiri saja. Kalau saya bisa bermain baik dan menang, kan tim juga akan diuntungkan,” kata Putri KW dalam keterangan seusai laga dalam keterangan resmi. 

“Tapi tadi memang lawan benar-benar membatasi permainan saya dari bola atasnya. Cukup menyayangkan undiannya kenapa harus langsung bertemu China tapi itulah undian jadi kami di tim beregu putri sudah bertekad untuk sama-sama menghadapi dan berjuang. Setelah ini saya mau langsung bersiap untuk nomor perorangan," jelas Putri. 

Dengan hasil ini, China akan berjumpa dengan Jepang yang mengalahkan Taiwan.