Tinju Dunia: Yakin Dirinya Masih Terbaik, Saul Canelo Alvarez Pede Taklukkan Jermell Charlo
Saul Canelo Alvarez, yakin mengalahkan Jermell Charlo (kiri) dalam duel tinju dunia perebutan gelar juara kelas menengah super sejati di Las Vegas, 30 September 2023. (Showtime/Amanda Wescott)

Bagikan:

JAKARTA – Saul Canelo Alvarez sangat percaya diri bakal memenangi laga perebutan gelar juara kelas menengah super sejati (75 kg), atas lawannya Jermell Charlo. Duel antara petinju Meksiko kontra Amerika Serikat itu bakal digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas pada 30 September 2023.

Jika berhasil mengalahkan Charlo, Canelo akan menjadi petinju pertama yang berhasil mempertahankan empat sabuk juara dunia, WBC, WBA, IBF, dan WBO tiga kali berturut-turut.

“Saya selalu ingin menyuguhkan pertarungan terbaik. Sebab itu saya sangat berambisi untuk memenangi duel nanti. Selama ini Charlo bersaudara selalu penasaran untuk merasakan kemampuan saya. Sekarang Jermell duluan yang mendapat giliran,” ujar Canelo seperti dikutip Fightnews.

Jermell punya saudara kembar, Jermall. Keduanya sama-sama menekuni profesi sebagai petinju profesional dan berstatus juara. Bedanya, Jermell juara kelas menengah junior (69 kg) sementara Jermall menguasai gelar di kelas menengah (72 kg).

“Saya selalu yakin bahwa saat ini masih yang terbaik. Percaya diri adalah sesuatu yang sangat penting dalam tinju. Saat ini hanya tinggal beberapa petinju hebat yang belum saya hadapi, termasuk Charlo bersaudara. Giliran Jermall akan tiba, karena saya belum memikirkan untuk pensiun,” ujar Canelo lagi.

Bersama pelatih yang sudah menanganinya sejak bocah, Eddy Reynoso, Canelo Alvarez berlatih di Lake Tahoe, wilayah Pegunungan Sierra Nevada. Berlatih di ketinggian dilakukan untuk meningkatkan stamina.

Ini adalah kali pertama Canelo berlatih di Lake Tahoe. Dalam lima tahun terakhir, dia selalu berlatih di San Diego, California dalam persiapan sebuah pertarungan.

“Memindah lokasi latihan bertujuan membawa suasana baru, agar kita tidak dibelit kejenuhan. Ini baik untuk Canelo, apalagi udara tipis di pegunungan sangat bagus untuk meningkatkan kapasitas paru-paru,” kata Reynoso.

Canelo Alvarez dan Jermell Charlo sama-sama berusia 33 tahun. Canelo mengukir rekor 59-2-2 (39 KO), sementara Charlo punya rekor bertanding 35-1-1 (19 KO).