Bagikan:

JAKARTA - Penantian pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia untuk meraih gelar juara berakhir di Hong Kong Open 2023. Di final, duet andalan Indonesia ini mengalahkan pasangan Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dalam laga ketat selama tiga gim, 14-21, 24-22, 21-9.

Tampil di pertandingan pertama final Hong Kong Open di Hong Kong Coliseum, Minggu (17/9) siang, Apri/Fadia harus berjuang selama satu jam 13 menit melawan Pearly/Thinaah. Di gim pertama, Pearly/Thinaah yang menempati unggulan keenam langsung bermain agresif.

Strategi pasangan Malaysia itu berhasil setelah mampu unggul hingga sepuluh poin, 10-5 atas Apri/Fadia. Meski mencoba bangkit dan mengejar ketertinggalan, Apri/Fadia – unggulan ketujuh – harus mengakui ketangguhan duet Malaysia, 14-21.

Masuk gim kedua, pasangan Indonesia enggan didikte duet Malaysia seperti di gim pertama. Pertarungan kedua pasangan berjalan lebih ketat dan saling mengejar poin hingga skor 8-8.

Pearly/Thinaah yang mencoba mempercepat tempo dengan tampil lebih agresif mampu meraih empat poin beruntun. Tertinggal empat poin, Apri/Fadia berupaya bangkit dan membuahkan hasil. Skor akhirnya kembali imbang pada 13-13 dan kemudian 14-14.

Laga berlangung sengit setelah itu dengan skor yang terus berimbang hingga 19-19. Apri/Fadia sempat hanya membutuhkan satu poin untuk menuntaskan gim kedua saat skor 20-19, tetapi lagi-lagi skor menjadi imbang 20-20. Setelah melewati pertarungan sengit, Apri/Fadia berhasil merebut gim kedua dengan kemenangan 24-22.

Menang di gim kedua, membuat semangat Apri/Fadia. Mereka langsung tancap gas pada awal gim ketiga dan unggul 7-0 terlebih dahulu. Mereka makin menjauh meninggalkan pasangan Malaysia dengan skor 11-2 pada interval gim terakhir ini.

Selepas istirahat, pasangan Indonesia tidak memberikan kesempatan duet Malaysia untuk mengembangkan permainan. Pearly/Thinaah yang terlihat mulai lelah meraih poin, dan tertinggal 5-17 dari Apri/Fadia. Unggul jauh, Apri/Fadia pada akhirnya menuntaskan pertandingan dengan skor 21-3 untuk meraih gelar juara Hong Kong Open 2023.

Dengan hasil ini, Apri/Fadia menyudahi puasa gelar mereka setelah terakhir kali menjadi juara pada Singapore Open Juli 2022 lalu. Indonesia sendiri masih berpeluang menambah gelar juara Hong Kong Open 2023 melalui Jonatan Christie di nomor tunggal putra dan pasangan Leo/Daniel di sektor ganda putra.