Bagikan:

JAKARTA – Anthony Sinisuka Ginting dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dipaksa bangkit dari ketertinggalan untuk melewati babak pertama Perancis Open 2024.

Anthony Ginting memastikan tiket ke babak kedua ajang berlevel Super 750 BWF ini setelah menghentikan wakil China, Weng Hong Yang, dengan skor 7-21, 21-18, dan 21-15.

Kemenangan ini spesial buat Ginting. Pasalnya, pada empat pertemuan sebelumnya, dia selalu menderita kekalahan.

Empat perjumpaan tersebut terjadi di Kejuaraan Asia 2022, Malaysia Masters 2023, Denmark Open 2023, dan Japan Masters 2023.

Sementara itu, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti kalah 14-21 pada gim pertama melawan unggulan ketiga asal Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong. Mereka bangkit di dua gim berikutnya dengan skor akhir 21-17 dan 21-8.

Hasil itu mempercantik rekor menang-kalah Apri/Fadia atas Kim/Kong menjadi 3-0. Dua kemenangan Apri/Fadia sebelumnya atas pasangan itu terjadi di Kejuaraan Dunia dan Malaysia Open 2024.

Sayangnya, perjalanan manis kedua pasangan itu gagal diikuti ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Pasangan ini harus pulang lebih awal pada babak pertama.

Rinov/Pitha tidak bisa melanjutkan perjalanan mereka setelah kalah rubber game 22-20, 19-21, dan 20-22 melawan wakil Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo.

Ini adalah kekalahan kedua Rinov/Pitha atas Yuki/Misaki dari total lima pertemuan kompetitif. Rekor menang-kalah mereka sekarang dengan ganda Jepang tersebut ialah 4-2.

Keberhasilan Ginting dan Apri/Fadia membuat Indonesia sudah mengamankan tiga tiket babak kedua. Sebelumnya, satu tiket sudah terlebih dahulu dikantongi oleh tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung.