Hong Kong Open 2023: Apri-Fadia dan Leo-Daniel Melaju ke Final
Pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. (Foto: Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti lolos ke final Hong Kong Open 2023 setelah mengalahkan Maiken Fruergaard/Sara Thygesen.

Apri/Fadia mengunci kemenangan perdana mereka atas wakil Denmark itu dua gim langsung 21-16 dan 23-21 di Hong Kong Coliseum, Sabtu, 16 September 2023 siang WIB.

"Tadi di gim kedua saat sudah match point, kami mengendur. Mungkin ada perasaan mau selesai pertandingannya dan kami tidak menyiapkan apa yang seharusnya disiapkan di poin terakhir itu," ujar Apri.

Di babak final nanti, Apri/Fadia akan menghadapi unggulan keenam asal Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Pasangan ini lolos usai menekuk pasangan Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

Secara statistik, Apri/Fadia memiliki rekor menang-kalah imbang 2-2 dengan Pearly/Thinaah. Empat kali bentrok mereka itu semuanya terjadi pada tahun lalu.

"Besok akan jadi partai yang ramai, kami sudah sama-sama tahu, sudah sering bertemu. Kami harus main taktis dan tidak boleh hilang fokus sedikitpun," ujar Fadia.

Ini adalah tiket kedua buat Indonesia di ajang Super 500 BWF ini. Sebelum Apri/Fadia, babak final sudah terlebih dahulu dipijak oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Unggulan keenam ini menembus partai pamungkas setelah memulangkan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 asal Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Sayangnya, sebelum kedua pasangan ini, Indonesia gagal mendapat tiket melalui tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Dia kalah dari unggulan pertama kompetisi, Akane Yamaguchi.