Dua Petinju Ini Berpotensi Jadi Lawan Canelo Alvarez Berikutnya
Saul Canelo Alvarez usai memenangi pertarugan melawan Jermell Charlo di T-Mobile Arena, Las Vegas pada Sabtu 30 September 2023. (Premier Boxing Champions)

Bagikan:

JAKARTA – Saul “Canelo” Alvarez masih punya kontrak dua pertarungan dari tiga yang dia tanda tangani dengan manajemen Premier Boxing Champions (PBC). Jermell Charlo adalah lawan pertama, yang berhasil Canelo kalahkan lewat kemenangan angka mutlak di T-Mobile Arena, Las Vegas, Sabtu malam 30 September 2023.

Baik manajemen Canelo Promotions maupun PBC belum menyebutkan lawan yang bakal disodorkan berikutnya. Namun rumor yang beredar menggaungkan dua nama, Jermall Charlo dan Terence Crawford.

Jermall Charlo merupakan saudara kembar Jermell, yang baru dikalahkan Canelo. Jermall dipandang lebih punya nyali ketimbang kembarannya, yang jelas-jelas hanya menginginkan bayaran besar dari duel kontra Canelo.

 Jermall saat ini adalah juara kelas menengah (72 kg) WBC. Dia juga belum terkalahkan dengan rekor bertanding 32-0-0 (22 KO). Jermall diperkirakan bakal memberikan perlawanan lebih baik jika benar-benar menghadapi Canelo, dibandingkan kembarannya.

Terence Crawford menghajar Errol Spence Jr. sebelum akhirnya menang TKO ronde 9 di T-Mobile Arena, Las Vegas pada 29 Juli 2023. Crawford digadang-gadang bakal menjadi lawan tangguh untuk Canelo Alvarez. (Showtime/Esther Lin) 

Satu nama lagi adalah Crawford. Petinju yang juga belum terkalahkan ini berstatus juara kelas welter (66 kg) sejati, dengan rekor 40-0-0 (31 KO). Crawford pernah dijadwalkan menghadapi salah satu dari Charlo bersaudara. Namun usai Jermell ditekuk Canelo, Crawford berkicau di akun Twitternya.

“Oke semuanya, saya sudah selesai soal Si Kembar Charlo. Mereka tidak ada lagi dalam daftar tunggu saya. Charlo membiarkan Canelo memukulinya tanpa perlawanan, seolah dia dipukuli ayahnya,” ujar Crawford dalam cuitannya.

Satu kendala yang menjadi hambatan besar duel Canelo vs Crawford adalah soal berat badan. Selisih kelas mereka terlalu jauh, dan menurut presiden Showtime Sports, Stephen Espinosa, duel tersebut tidak menguntungkan bagi reputasi Canelo.

“Mungkin itu rencana menari, namun hambatannya sangat besar yaitu dari perbedaan kelas. Canelo pernah diajak membahas rencana duel lawan Crawford, dan dia tampak kurang senang. Dia bilang: Buat apa saya lakukan itu?” kata Espinosa.

“Menurut saya, Canelo tahu dia tidak akan mendapatkan respek publik. Dia tidak ingin dicibir dengan sindiran, hanya berani memukuli pria kecil. Jadi Canelo ada dalam posisi no win situation,” ujar Espinosa lagi.

Canelo sendiri mengatakan dirinya siap menghadapi siapapun. Namun untuk saat ini, yang ada dalam benaknya hanya ingin bersantai.

"Saya selalu bilang, kalau pertarungan yang disodorkan masuk akal kenapa tidak? Tapi saat ini saya belum ingin membahas soal pertandingan lain. Biarkan saya istirahat dan menikmati hari," kata Canelo Alvarez.