Hasil Liga 1: Borneo FC Rebut Pimpinan Klasemen Usai Kalahkan Madura United 2-1, Persib Remukkan Persita 5-0
Striker Persib Bandung asal Brasil, David da Silva, mencetak hattrick ketika timnya menghancurkan Persita Tangerang 5-0 dalam laga Liga 1 pekan ke-14 di Stadion GBLA Bandung (1/10/2023). (Antara/M Agung Rajasa)

Bagikan:

JAKARTA – Borneo FC Samarinda merebut pucuk pimpinan klasemen Liga 1 usai menang tipis atas tuan rumah Madura United 2-1 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu 1 Oktober. Sementara itu dalam laga pekan ke-14 ini, Persib Bandung menghancurkan Persita Tangerang lima gol tanpa balas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Madura United yang hingga pekan ke-13 masih memimpin klasemen Liga 1, ketinggalan lebih dahulu lewat gol Terens Puhiri di menit 28’. Pemain asal Papua itu memanfaatkan umpan Stefano Lilipaly hasil serangan balik cepat Borneo FC.

Madura United menyamakan kedudukan melalui tendangan Salim Akbar Tuharea pada menit 40’. Hingga babak pertama usai, kedudukan tetap 1-1.

Pertandingan semakin seru pada babak kedua. Borneo lebih dinaungi Dewi Fortuna, kiper Wawan Hendrawan membuat blunder. Dia gagal mengantisipasi umpan balik tandukan pemain belakang Madura United yang juga kapten timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto.

Tangkapan Wawan yang meleset dimanfaatkan oleh Stefano Lilipaly, yang berdiri tanpa kawalan. Satu cocoran kaki kanan dari pemain naturalisasi tersebut, menceploskan bola ke gawang Madura United pada menit 85’. Borneo unggul 2-1, dan kedudukan tetap bertahan hingga babak kedua usai.

Di Bandung, Persib menang besar berkat hattrick David da Silva pada menit 9’, 48’, dan 51’ yang membobot gawang Rendy Oscario. Dua gol Maung Bandung lainnya disumbangkan oleh Edo Febriansyah pada menit 44’ dan pemain asal Ternate yang juga prajurit TNI AD, Frets Butuan pada menit 90’+3.

Persita tak mampu membalas satu gol pun hingga babak kedua usai. Tim Pendekar Cisadane itu pun pulang dengan menelan kekalahan terbesar sepanjang 14 pekan kompetisi Liga 1 berputar. Kemenangan ini menempatkan Persib pada urutan ketiga klasemen sementara dengan nilai 24. Borneo FC di pucuk dengan nilai 28, disusul Madura United dengan nilai 27.