Bagikan:

JAKARTA – Saul Canelo Alvarez mempertahankan gelar juara sejati kelas menengah super (75 kg) usai menang atas penantangnya, Jermell Charlo. Juara bertahan asal Meksiko tersebut mengalahkan Charlo lewat kemenangan anka mutlak 12 ronde dalam laga di T-Mobile Arena, Las Vegas, Sabtu malam 30 September 2023 atau Minggu pagi 1 Oktober di Indonesia.

Canelo sepenuhnya menguasai jalannya laga sejak ronde pertama. Dia terus berusaha menutup gerakan Charlo, yang berupaya keras menjaga jarak renggang. Canelo yang berpostur lebih pendek terus mendekat untuk mendapatkan jarak pukul ideal.

Charlo yang berusaha menghindar banyak dicegat pukulan silang kanan dan kiri Canelo. Penantang asal Amerika Serikat itu lebih banyak berdiri di hadapan Sang Juara ketimbang menghindar ke sisinya.

Jab-jab Canelo juga banyak mengumpulkan angka, diselingi hook ke arah kepala dan badan Charlo. Sementara Charlo yang bertindak sebagai counter boxer, sesekali membalas lewat pukulan lurusnya.

Ronde ke-7 sebuah straight kanan Canelo telak mengenai sasaran di muka Charlo. Charlo limbung dan roboh, namun mampu bangkit sebelum wasit Harvey Dock menyelesaikan 10 hitungan.

Hingga duel berakhir 12 ronde, irama pertarungan tidak berubah. Dominasi Canelo terlalu kentara atas Charlo, yang membuat tiga hakim Max DeLuca, David Sutherland, dan Steve Weisfeld memberikan kemenangan angka mutlak 118-109, 118-109, 119-109 untuk Canelo.

“Saya selalu berusaha untuk menjadi petinju terkuat, terbaik. Saya terus mengarahkan pukulan ke perut Charlo, karena itulah yang saya latih selama persiapan tiga bulan. Saya memang tidak menang KO, namun itu bukan hal penting. Jauh lebih penting adalah menunjukkan kepada publik dan penggemar bahwa saya masih terbaik,” ujar Canelo kepada pembawa acara Showtime, Jim Gray usai laga.

Sementara itu Charlo mengatakan bahwa dia puas dengan penampilannya, meskipun kalah.

“Saya naik dua kelas dan dikalahkan petinju terbaik. Setidaknya, saya sudah menunjukkan jika mampu bersaing di kelas ini. Setelah ini saya akan istirahat dan berlatih kembali untuk menghadapi laga berikutnya,” kata Charlo.