Canelo Alvarez Umumkan Naik Ring Lagi, Catat Tanggal dan Tempatnya
Petinju asal Meksiko, Canelo Alvarez. (Foto: Twitter/@Canelo)

Bagikan:

JAKARTA – Petinju asal Meksiko, Canelo Alvarez, mengumumkan akan naik ring lagi pada 6 Mei mendatang di kampung halamannya. Ini akan menjadi duel pertamanya di sana setelah 12 tahun.

Jadwal pertarungan itu diumumkan petinju yang berusia 32 tahun kelahiran Guadalajara, Jalisco, tersebut melalui sebuah video yang dia unggah di akun media sosial Instagram miliknya.

Video itu dia rekam bersama Gubernur Jalisco Enrique Alfaroc. Meski demikian, Alvarez masih merahasiakan nama calon lawan yang akan dia hadapi nanti.

"Saya siap untuk kembali ke kampung halaman saya untuk mempertahankan gelar saya di tempat di mana saya dilahirkan dan memulai kisah dengan orang-orang yang selalu mendukung saya," kata Alvarez dalam video itu yang dikutip Boxing Scene.

Alvarez, yang merupakan juara dunia kelas menengah super yang tak terbantahkan dengan rekor (58-2-2, 39 KO), akan menjalani pertarungan ini untuk menandai perayaan ulang tahun ke-200 kemerdekaan Jalisco.

Dia belum pernah berlaga di tanah kelahirannya sejak mencetak kemenangan technical knockout (TKO) pada ronde kelima melawan Kermit Cintrón pada bulan November 2011 di Monumental Plaza de Toros México, Mexico City.

"Saya akan berjuang untuk Jalisco dan merayakan kebesaran tanah kita bersama Anda," ujar Alvarez.

Lokasi pertarungan Alvarez berikutnya ini belum diumumkan juga. Namun, Estadio Akron dan Stadion Jalisco adalah dua tempat yang paling layak di wilayah ini karena daya tampung penonton yang memungkinkan.

Alvarez telah lama dikaitkan akan menghadapi petinju Inggris John Ryder dalam pertarungan berikutnya. Kedua belah pihak pun telah melakukan negosiasi dengan Ketua Matchroom Boxing Eddie Hearn dalam beberapa bulan terakhir.

Hearn juga secara konsisten menegaskan Ryder yang berusia 34 tahun (32-5, 18 KO) sangat mungkin menjadi lawan Alvarez berikutnya.

Alvarez menjalani operasi pergelangan tangan kiri akhir tahun lalu setelah kemenangan angka mutlak atas rival beratnya Gennady Golovkin dalam pertarungan trilogi pada September lalu.

Dalam beberapa bulan terakhir Alvarez juga telah menyinggung bahwa ia tengah mencari pertarungan tune-up sebelum kembali fokus pada pertarungan ulang melawan juara kelas berat ringat Dmitry Bivol untuk membalas kekalahannya pada bulan Mei lalu.