Sejarah Sudirman Cup, Dimulai dari Indonesia hingga Diakui Dunia
Ilustrasi sudirman Cup. (Foto: Dok. BWF Fansite)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sudirman Cup adalah kejuaraan bulu tangkis tingkat dunia dengan sistem beregu campuran yang diadakan setiap dua tahun sekali. Kejuaraan bergengsi ini berawal dari tokokh bulu tangkis Indonesia yang bernama Sudirman. Peran Sudirman menjadi bagian dari sejarah Sudirman Cup.

Sejarah Sudirman Cup

Sejarah Sudirman Cup berawal dari tokoh bulu tangkis Indonesia, Dick Sudirman. Atlet bulu tangkis itu lahir pada 19 April 1922 di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Selama berkiprah di dunia bulu tangkis, ia berjasa karena berhasil mendirikan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Tak hanya mendirikan, Sudirman juga berhasil memimpin PBSI dengan masa jabatan hingga 22 tahun yakni tahun 1952 - 1963 dan 1967 - 1981.

Tak hanya di Tanah Air, Sudirman juga punya andil besar dalam penyatuan dua organisasi bulu tangkis dunia yakni International Badminton Federation (IBF) dan World Badminton Federation (WBF). Tahun 1978, ada dua organisasi bulu tangkis dunia. Kondisi tersebut tentu tidak menguntungkan untuk perkembangan bulu tangkis dunia.

Untuk menyatukan kembali dua organisasi tersebut, Sudirman kemudian memprakarsai pertemuan dua organisasi tersebut. Pertemuan perwakilan dua organisasi tersebut digelar pada tahun 1979 di Bandung.  Hasilnya, rekonsiliasi IBF dan WBF berhasil dilakukan. Pada 28 Mei 1981 dua organisasi tersebut melebur menjadi satu hingga dikenal dengan nama Badminton World Federation (BWF) yang kini jadi federasi bulu tangkis dunia.

Peran Dick Sudirman yang begitu besar untuk federasi bulu tangkis dunia dinilai patut dikenang, terlebih setelah Sudirman meninggal dunia pada 1986. Pencetus pertama Sudirman Cup adalah Suharso Suhandinata, teman dekat Sudirman yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PBSI.

pada Agustus 1986, Suharso Suhandinata bersurat dengan Presiden IBF Arthur Jones. Dalam suratnya ia meminta izin untuk menggelar kompetisi sebagai tanda penghormatan bagi Sudirman atas jasa-jasanya di masa lalu. Turnamen tersebut sekaligus sebagai langkah nyata mengenang Sudirman.

Gagasan tersebut tak langsung disetujui. Pada tahun 1986 Dewan IBF menggelar pertemuan untuk membahas usulan Sudirman Cup. Kompetisi Sudirman baru diadakan pertama kali pada 24-29 Mei 1989 di Indonesia. Saat itu ada 28 tim yang berpartisipasi. Sejak saat itu gelara ini populer di dunia bulu tangkis internasional. Bahkan Sudirman Cup kini sejajar dengan kejuaraan bulu tangkis internasional lainnya.

Sudirman Cup Pertama

Sudirman Cup pertama kali digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. Selain Indonesia, beberapa negara yang jadi peserta kompetisi ini adalah Korea Selatan, Inggris, Malaysia, China, serta Denmark. Dalam kesempatan tersebut, tropi didapat oleh Indonesia setelah berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2.

Sayangnya Indonesia baru pertama menjuarai Piala Sudirman, itupun terjadi pada tahun 1989 yang bertepatan saat Indonesia jadi tuan rumah. Negara China justru jadi negara tersukses di kejuaraan Sudirman dengan perolehan sebanyak 11 tropi, kemudian Korea Selatan sebanyak 4 tropi.

Itulah informasi terkait sejarah Sudirman Cup. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.