Pep Guardiola, Kunci di Balik Kesuksesan Manchester City
Manajer Manchester City, Pep Guardiola. (Foto: Twitter @ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City telah menjadi salah satu tim tersukses di kompetisi Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Musim lalu, klub berjuluk The Citizens itu mampu merengkuh treble winners.

Hal ini tak lepas dari tangan dingin sang manajer, Pep Guardiola. Setidaknya itu yang diyakini mantan pemain City, Shaun Wright-Philips.

"Menurut saya tidak ada pemain kunci di tim ini. Saya pikir Pep Guardiola membangun sebuah tim, bukan tim ini bergantung pada kemampuan individu dari pemain," kata Shaun Wright-Philips dalam konferensi pers Treble Trophy Tour" Manchester City, Kamis, 28 September kemarin.

Wright-Philips mengatakan, meski sejumlah pemain bintang seperti Erling Haaland dan Kevin De Bruyne tidak dapat bermain, itu bukan masalah. Guardiola selalu mampu menemukan pemain pengganti yang perannya tak kalah krusial.

"Seandainya Haaland tidak dapat diturunkan, tim ini masih mempunyai Julian Alvarez. Seandainya Kevin tidak bermain, Alvarez bisa menggantikan perannya dengan baik. Selain itu tim ini punya Bernardo Silva dan Phil Foden (yang tampil cukup baik)," ungkap Shaun Wright-Philips, dilansir dari Antara.

Pemilik 36 penampilan di timnas Inggris itu mengungkapkan akan sangat sulit menemukan pengganti Pep Guardiola apabila pria berkebangsaan Spanyol itu hengkang dari Stadion Etihad.

"Saya tidak membayangkannya, tapi ini akan terasa berat (melihat Pep hengkang). Ini akan sangat sulit untuk mencari penggantinya. Seandainya itu terjadi, Manchester City sebagai sebuah klub saya rasa sudah mempersiapkan penggantinya," kata Shaun yang merupakan pemain asli binaan akademi Manchester City itu.

The Citizens meraih gelar treble winners di musim 2021/2022. Manchester City memboyong tiga trofi klub yang diraih dalam satu musim terakhir yaitu Premier League, Piala FA dan Champions League.

Pada awal musim ini, City sudah mendapatkan tambahan satu trofi, yakni UEFA Super Cup.