Mengenal Apa Itu Assist dalam Sepak Bola dan Rekor Assist Terbanyak
Ilustrasi assist (Unsplash/Prapot Panchuea)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gol dalam permainan sepak bola bisa tercetak berkat adanya kerja sama tim yang apik. Selain karena tendangan dan sundulan ke arah gawang, faktor penentu sebuah gol juga berasal dari assist yang diberikan. Apa itu assist dalam sepak bola?

Setiap pemain dalam sepak bola menempati posisi dan perannya masing-masing. Setiap pemain harus saling bersinergi atau bekerjasama untuk meraih kemenangan. Salah satu pemain yang berperan penting dalam terjadinya gol adalah assist. Bagai penggemar sepak bola pastinya sudah tidak asing dengan istilah assist. 

Pemain yang bertugas memberikan assist biasanya memang tidak seterkenal pemain yang mencetak gol. Padahal assist berperan penting dalam menciptakan peluang terjadinya gol. Seorang pemberi assist juga bertugas sebagai lini serang atau daya gedor. Lantas apa itu assist dalam sepak bola? 

Apa Itu Assist dalam Sepak Bola?

Assist dalam sepak bola adalah istilah untuk operan terakhir yang diberikan kepada pencetak gol. Jadi bisa disebut assist adalah umpan yang menyebabkan terjadinya sebuah gol. 

Istilah kata ‘assist’ secara harfiah memiliki arti ‘membantu’. Bisa dimaknai bahwa assist adalah umpan atau operan yang diberikan untuk membantu seorang pemain mencetak gol. Pendapat ini berasal dari Donald Howe mantan pemain dan pelatih Timnas Inggris. 

Penggunaan istilah assist kemudian berkembang dan digunakan oleh sepak bola di berbagai belahan dunia. Pada akhirnya, assist juga masuk dalam hitungan statistik dalam sepak bola. Istilah assist juga dipakai dalam bidang olahraga lain, yaitu basket. 

Namun tidak semua umpan atau operan bisa termasuk assist dalam hitungan statistik. Assist hanya berlaku bagi umpan yang berhasil menyumbang gol. Umpan yang dimaksud pun adalah umpan terakhir sebelum terjadinya gol. 

Peran assist pun kini juga menjadi tolak ukur kreativitas dalam permainan sepak bola. Semakin banyak assist yang diciptakan, maka semakin kreatif pula permainan sepak bola sebuah tim. Pemain yang mampu memberikan banyak assist dalam sebuah kompetisi sepak bola juga akan mendapatkan penghargaan. 

Rekor Assist Terbanyak

Peran pemberi umpan seringkali diremehkan atau dipandang sebelah mata jika dibandingkan para eksekutor gol. Seorang pemberi assist juga perlu diapresiasi karena berkontribusi penting dalam kemenangan sebuah pertandingan sepak bola. 

Meski tak sepopuler para pencetak gol, ada nama-nama pemain yang terkenal sebagai pemberi assist handal. Berikut ini daftar pemain dengan rekor assist terbanyak sepanjang sejarah hingga mendekati penghujung tahun 2022. 

Lionel Messi

Lionel Messi memang menjadi pemain bintang di sepak bola era ini. Ternyata selain produktif mencetak gol, Messi juga piawai dalam memberikan assist kepada rekannya. Rekor assist terbanyak bahkan masih dipegang oleh pemain dari Argentina ini. Messi tercatat telah menorehkan assist sebanyak 372. 

Thomas Muller

Posisi kedua pemain dengan assist terbanyak dipegang oleh Thomas Muller. Pemain asal Jerman ini sudah menyumbang sebanyak 289 assist. Muller juga dikenal sebagai pemain yang multitalenta. Selain penyumbang assist terbanyak, ia juga pernah meraih gelar top scorer dalam Liga Champion dan Piala Dunia. 

Luis Suarez

Nama Luis Suarez bertengger di peringkat ketiga dalam rekor assist terbanyak. Striker asal Uruguay ini sudah mencetak sejumlah 277 assist selama bermain untuk negara dan beberapa klub seperti Liverpool, Barcelona, dan Atletico Madrid. 

Cristiano Ronaldo

Pemain berjuluk CR7 ini juga masuk dalam daftar rekor assist terbanyak. Cristiano Ronaldo sudah menorehkan 272 assist. Pemain asal Portugal ini memang menjadi rival dari Lionel Messi dalam perebutan sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu assist dalam sepak bola. Pemberi assist patut mendapat apresiasi sama besarnya dengan pencetak gol. Kerja pemberi assist tidaklah mudah. Pemberi assist harus bisa membaca kesempatan dan menciptakan peluang bagi para penembak bola ke gawang lawan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.