Rekor Assist Terbanyak Sepanjang Masa Ter-<i>update</i>, Daftar Nama Pemain yang Jago Mencetak Umpan
Ilustrasi assist terbanyak sepanjang masa (Unsplash/@TobiasFlyckt)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gelar pencetak assist terbanyak memang tidak sepopuler pencetak gol terbanyak. Sobat olahraga umumnya lebih mengenal para pemain top scorer atau pencetak gol terbanyak. Padahal peran pengumpan atau assist sangat penting dalam kemenangan sebuah pertandingan sepak bola. 

Sampai saat ini pemberi assist sering dipandang sebelah mata dibanding para eksekutor gol. Padahal kerja pemberi umpan terbilang cukup sulit atau tidaklah remeh temeh. Pemberi assist harus bisa membaca kesempatan dan menciptakan peluang bagi para penembak bola ke gawang lawan. 

Dengan tuntutan demikian, para pemberi assist harus mempunyai skill bagus dan kecerdasan menciptakan peluang. Mereka harus bisa memberikan umpan yang kreatif, tidak bisa ditebak lawan, dan timing yang pas. Oleh karena itu, peran pemberi assist tidak boleh diremehkan dan harus diapresiasi tinggi.

Rekor Assist Terbanyak Sepanjang Masa

Ada beberapa nama pemain yang dikenal jago sebagai pemberi umpan. Umumnya para pengumpan handal ini biasa berposisi sebagai playmaker, gelandang tengah, gelandang serang, pemain sayap. 

Berikut daftar pemain yang memiliki torehan assist terbanyak sepanjang masa. Nama-nama pemain ini sudah cukup akrab di telinga pecinta sepak bola.

Lionel Messi

Pemain dengan skor assist terbanyak sejauh ini masih dipegang oleh Lionel Messi. Pemain berkebangsaan Argentina ini tidak hanya jago dalam mencetak gol. Namun Messi juga piawai dalam memberikan umpan yang melahirkan gol ke gawang lawan. 

Sampai saat ini, Messi tercatat telah menorehkan assist sebanyak 372. Nama Messi sudah terkenal dan menjadi pemain andalan sejak membela klub Barcelona. Dengan skil kelas bintang, ia telah membawa Barcelona mencapai puncak kejayaan. 

Messi juga menerima penghargaan Balon d’Or tujuh kali. Penghargaan tersebut diberikan kepada pemain sepak bola terbaik dalam kurun waktu satu musim. Messi sangat layak mendapatkan penghargaan tersebut karena skil, prestasi, dan kontribusinya bagi tim. Pada tahun 2021, Messi memutuskan bergabung dengan klub Paris Saint Germain.

Thomas Muller

Peringkat kedua pemain dengan assist terbanyak dipegang oleh Thomas Muller. Pemain berkebangsaan Jerman ini terkenal sebagai playmaker di Bayer Munich. Sampai sejauh ini, ia sudah menyumbang sebanyak 289 assist. 

Muller juga disebut sebagai pemain yang multitalent. Selain menjadi playmaker ciamik dengan banyak torehan asssit, Muller juga kerap beradai di persaingan pencetak gol terbanyak. Ia kerap tampil berebut top scorer dalam laga Liga Champion dan Piala Dunia. 

Luiz Suarez 

Posisi ketiga pemain pencetak assist terbanyak diduduki oleh Luiz Suarez. Suarez dikenal sebagai pemain dengan kemampuan serba bisa. Suarez disebut sebagai striker terbaik dekade yang pernah ada. 

Sampai saat ini, Luiz Suarez sudah mencetak sejumlah 277 assist, selama bermain untuk negara dan beberapa klub seperti Liverpool, Barcelona, dan Atletico Madrid. Dalam karir sepakbola Luiz Suarez, namanya mulai dilirik ketika bermain bersama AFC Ajax. Pada Juni 2022 lalu, Suarez berpisah dari Atletico Madrid dan merapat ke Liga Argentina. 

Cristiano Ronaldo

Peringkat selanjutnya pemain dengan assist terbanyak dipegang oleh Cristiano Ronaldo. Pemain berkebangsaan Portugal ini sudah sejak lama menjadi rival sengit Lionel Messi. Nama keduanya selalu berjajar dalam perebutan pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik. 

Nama Cristiano Ronaldo mulai dikenal ketika bermain bersama klub Machester United. Namanya semakin bersinar ketika menjadi punggawa Real Madrid. Ronaldo menjadi pemain bintang legendari yang telah meraih Balon d'Or sebanyak lima kali. 

Saat ini Ronaldo mencetak skor assist sebanyak 272. Pada tahun 2018, Ronaldo memilih pindah ke liga Italia atau Serie A bermain bersama Juventus. Pada tahun 2021, pemain berjuluk CR7 tersebut kembali bermain bersama MU.

Angel Di Maria

Pemain dengan assist terbanyak selanjutnya kembali berasal dari Argentina, yaitu Angel Di Maria. Pemain berjuluk El Fideo ini selalu dapat tampil brilian di mana pun klub yang ia bela. Ia terkenal sebagai gelandang sayap handal dan piawai mencetak umpan. 

Sejauh ini Angle Di Maria telah menyumbang assist sebanyak 268. Di Maria menunjukkan penampilan terbaik saat berada di Real Madrid di musim 2013-14. Pada tahun 2014, dia pindah ke Liga Inggris bergabung dengan Manchester United. Di Maria kemudian pindah ke PSG pada tahun 2015. 

Itulah nama-nama pemain pencetak assist terbanyak sepanjang masa. Lionel Messi menjadi penyumbang assist terbanyak dengan skor yang jauh mengungguli pesaing-pesaingnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.