Cerita Perjuangan Jorge Martin Jadi Runner Up MotoGP India, Dehidrasi Hingga Terkapar di Garasi
Pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin. (Foto: Twitter/@pramacducati)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Ducati, Jorge Martin berhasil menempati urutan kedua di MotoGP India 2023. Namun hasil baik itu dilewati Martin dengan perjuangan yang berat.

Balapan utama digelar di Sirkuit Buddh pada Minggu 24 September. Ini merupakan agenda balapan perdana MotoGP yang digelar di India.

Dalam kesempatan pertama menginjakan kaki di India, para pebalap cukup diuji dengan cuaca di sana. Jorge Martin bahkan sampai mengalami dehidrasi dan sempat terkapar di garasi.

Gara-gara itu Jorge tidak ke parc ferme melainkan langsung ke garasi Pramac seusai balapan.

Di garasi Pramac, Jorge Martin terlihat kelelahan dan berlutut. Ia langsung diberikan air untuk mengatasi dehidrasi tersebut. Kondisi Jorge Martin membuat perayaan podium menjadi diundur.

Setelah menghadiri podium, Jorge Martin yang masih dalam keadaan dehidrasi bahkan tidak mengikuti konferensi pers usai balapan.

"Kalian harus percaya saya ketika saya mengatakan sudah memberikan 100 persen. Saya dehidrasi dengan kondisi balapan masih tersisa delapan lap. Jadi sangat sulit untuk menyelesaikan balapan meskipun saya bisa menjaga kecepatan dengan baik," ucap Jorge Martin dalam rekaman suara seperti dikutip dari Crash, Senin 25 September.

Kondisi dehidrasi akibat cuaca ekstrem India yang dialami Jorge Martin bahkan menyebabkan sang pebalap sempat membuat kesalahan di lap terakhir sehingga ada ancaman serius dari Fabio Quartararo untuk merebut posisi kedua. Namun Jorge Martin akhirnya bisa mengatasi tekanan Quartararo.

"Pada akhirnya di lap terakhir saya melakukan kesalahan besar karena dehidrasi. Saya melebar jadi Fabio menyusul saya namun saya akhirnya bisa menyusulnya kembali," beber Jorge Martin.

"Jadi saya sangat senang dengan keberhasilan merebut posisi kedua ini," katanya soal pencapaian.

Berkat finis di posisi kedua di MotoGP India, Jorge Martin semakin menempel Pecco Bagnaia di puncak klasemen. Jorge Martin kini hanya berjarak 17 poin dari Bagnaia.