Barcelona Perpanjang Kontrak Xavi Hingga 2025
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. (Foto: Twitter @FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA – Barcelona resmi mengumumkan perpanjangan kontral Xavi Hernandez sebagai pelatih. Dia menandatangani kontrak baru hingga Juni 2025.

Kontrak lama pelatih berusia 43 tahun itu diketahui akan berakhir Juni 2024. Sejak awal musim 2023-2024, Barca berupaya mempertahankan Xavi. Akhirnya, kesepakatan dicapai Sabtu, 23 September, dini hari WIB.

"FC Barcelona dan pelatih Xavi Hernandez telah mencapai kesepakatan untuk perpanjangan kontraknya hingga 20 Juni 2025 dengan opsi satu tahun tambahan," demikian Barcelona dalam laman resmi mereka.

Xavi mengaku bahagia dengan ikatan kontrak barunya di Blaugrana. Sebab, saat kali pertama tiba di Camp Nou, situasi klub tengah kesulitan, baik dari performa di lapangan hijau maupun ekonomi.

“Kami tiba di masa yang sulit, dengan keadaan yang sulit. Departemen olahraga dan tim melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Dua gelar penting telah diraih tahun lalu, namun kami masih dalam proses. Di tahun pertama, kami sudah menunjukkan hal positif dan musim ini, kami harus menjadi penentu,” ujarnya.

Xavi kembali ke klub yang membesarkan namanya pada November 2021, dan dia telah memimpin tim meraih 60 kemenangan, 17 kali seri dan 19 kekalahan dari 96 pertandingan. Musim lalu, dia mampu membawa Barca memenangi gelar La Liga dan Piala Super Spanyol meski tersingkir lebih awal di Liga Champions.

Musim ini, mereka sedang dalam performa terbaiknya, memenangkan lima dari enam pertandingan di semua kompetisi. Juara bertahan La Liga tersebut membuka kampanye dengan hasil imbang tanpa gol melawan Getafe sebelum mencatat empat kemenangan beruntun atas Cadiz, Villarreal, Osasuna dan Real Betis, dengan total 13 poin membuat mereka berada di urutan kedua dalam klasemen.

Xavi Hernandez memulai karier manajerialnya di klub Qatar, Al-Sadd pada tahun 2019 setelah menyelesaikan karirnya sebagai pemain di klub tersebut. Dia menghabiskan lebih dari dua tahun sebagai manajer sebelum kembali ke Barcelona menggantikan Ronald Koeman.