Kemenpora Gelontorkan Dana Rp399,5 Miliar untuk PSSI Persiapkan Pelatnas Timnas dan Piala Dunia U-17
Kemenpora memberikan bantuan kepada PSSI untuk pelatnas timnas U-17 dan penyelenggaraan Piala Dunia U-17. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan bantuan kepada PSSI untuk pemusatan latihan nasional (Pelatnas) timnas U-17 dan penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama di Media Centre Kemenpora, Senayan pada Selasa 12 September 2023 pagi WIB.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) Kemenpora, Darmo Susilo dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi. Dalam acara ini juga dihadiri langsung Menpora Dito Ariotedjo dan Ketum PSSI Erick Thohir sebagai saksi.

Setelah penandatanganan rampung, Menpora membeberkan secara rinci jumlah dana yang digelontorkan pemerintah untuk Pelatnas dan persiapan Piala Dunia U-17 2023. Momen tersebut juga diakui Menpora sebagai bentuk nyata hadirnya pemerintah dalam memajukan dunia olahraga Tanah Air.

"Baru saja kami telah lakukan tanda tangan kesepakatan kerja sama Kemenpora dan PSSI dimana ini juga menandakan kehadiran pemerintah dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan event dunia, Piala Dunia U-17 dan persiapan timnas U-17 dalam Pelatnas," kata Menpora Dito Ariotedjo saat sambutan.

"Ini juga telah ditandatangani kerja sama bantuan pemerintah sebesar Rp399 miliar 500 juta. Tadi sudah disampaikan oleh kami ke Erick Thohir beserta jajaran, ini angka yang besar dan pasti kami mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang harus bisa dijaga bersama," lanjutnya.

Menpora berharap bantuan yang diberikan pemerintah nantinya bisa turut mensukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Agar kedepannya momen tersebut bisa memupuk kepercayaan dunia internasional untuk menggelar event kelas dunia lainnya.

"Saya harap dengan dana yang digelontorkan itu penyelenggaraan U-17 bisa berdampak untuk prestasi sepakbola kedepan dan yang pasti bisa menaikan lagi internasional terus Indonesia di mata dunia. Semoga ini jadi lahirnya momentum atlet muda kami ke depannya masuk ke kancah dunia," ujar Menpora.

Ketum PSSI Erick Thohir sangat mengapresiasi langkah pemerintah lewat bantuan ini. Ke depannya Erick Thohir juga berharap kolaborasi antara pemerintah dan pimpinan olahraga bisa terus terjalin demi hadirnya event kelas dunia lain di Indonesia.

"Tentu ini yang kami tunggu bersama, pemerintah bersama pimpinan olahraga bersatu dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara," sambut Erick Thohir.

"Tadi disampaikan pak menteri, pemerintah hadir karena tentu sebagai negara yang ingin mendorong prestasi olahraga dan event olahraga dunia hadir di indonesia itu tidak mungkin pimpinan olahraga berdiri sendiri. Itulah saya sangat apresiasi Kemenpora di bawah kepemimpinan Pak Dito, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden (Ma’ruf Amin) yang mendorong event berjalan dengan baik," lanjutnya.

Piala Dunia U-17 akan mulai berlangsung pada 10 November- 2 Desember dengan Indonesia sebagai tuan rumah. Untuk event akbar itu ada empat stadion yang sudah dipastikan menjadi venue acara, keempatnya adalah Jakarta International Stadium (JIS) (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).