China Open 2023: Jonatan Christie Lolos Perempat Final, Indonesia Pastikan Satu tempat di Semifinal
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie mengatasi wakil Kanada Brian Yang untuk mencapai babak perempat final China Open 2023.

Pemilik medali emas Asian Games 2018 itu sempat kehilangan gim pertama, sebelum bangkit untuk menang dengan skor 12-21, 21-15, dan 21-14 di Olympic Sport Center Gymnasium, Kamis, 7 September siang WIB.

Kemenangan ini membuat Jonatan, yang merupakan unggulan kelima di ajang ini, menyusul rekannya Shesar Hiren Rhustavito. Shesar sebelumnya lolos setelah mengalahkan wakil Malaysia, Ng Tze Yong.

Lolosnya kedua wakil ini membuat Indonesia otomatis mendapat satu tiket semifinal. Pasalnya, kedua wakil dari pemusatan latihan (Pelatnas) Cipayung PBSI ini langsung saling bentrok di perempat final.

"Besok lawan Shesar Hiren Rhustavito, siapa saja yang menang tetap Indonesia," ujar Jonatan dalam keterangan yang diterima.

Sayangnya, sektor ganda campuran yang mengirim wakil terbanyak ke babak kedua ajang berlevel Super 1000 BWF ini, justru dipastikan tanpa ada wakil yang melangkah ke perempat final.

Nomor ini sebelumnya meloloskan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. Namun, semuanya langsung tumbang.

Langkah Dejan/Gloria berhenti setelah kalah dari unggulan pertama China Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Mereka kalah telak dua tim, 5-21 dan 17-21.

Sementara itu, Praveen/Melati ditekuk wakil Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, sedangkan Rinov/Pitha dihajar pasangan Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.