Perempat Final Indonesia Open 2023 Menyajikan 'Perang Saudara', Anthony Ginting Vs Jonatan Christie
Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting mencapai perempat final Indonesia Open 2023 secara dramatis. Ia harus bermain tiga gim melawan wakil India Priyanshu Rajawat untuk lolos delapan besar.

Anthony kalah pada gim pertama sebelum melaju ke babak kedua dengan skor akhir 20-22, 21-15, dan 21-15 di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023 malam WIB.

"Lebih kendala di strategi permainan, terutama di gim pertama. Sementara, di gim kedua dan ketiga saya sudah bisa kembali ke pola permainan saya," ujar Anthony dalam konferensi pers usai laga.

Kemenangan ini membuat Anthony harus menghadapi kompatriotnya Jonatan Christie di babak perempat final Jumat, 16 Juni besok. Jonatan sebelumnya sudah terlebih dahulu lolos usai mengubur harapan wakil Prancis Toma Junior Popov.

Bentrok antara Jonatan dan Anthony otomatis memastikan Indonesia sudah punya satu tiket semifinal di tunggal putra. Salah satu dari keduanya nanti akan bersua Kidambi Srikanth (India) atau Li Shi Feng (China).

"Pastinya besok siapa pun yang menang itu buat Indonesia. Pasti ingin menang. Apalagi ini Indonesia Open. Tapi, tidak mau terlalu fokus menang. Besok pasti lebih menarik,” ujar atlet asal Jawa Barat yang berusia 26 tahun tersebut.

Selain Anthony, tiket perempat final juga didapat pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka menang melawan pasangan Ren Xiang Yu/Tan Qiang dua gim langsung 21-14 dan 21-17.

Fajar/Rian yang merupakan unggulan pertama, selanjutnya akan bertemu dengan pasangan India unggulan ketujuh, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Fajar/Rian untuk sementara unggul menang-kalah 2-1.

Satu-satunya kekalahan Fajar/Rian atas wakil India itu terjadi sudah cukup lama, yakni pada 2019 lalu di Thailand Open. Saat itu, Fajar/Rian menyerah dua gim langsung.

"Terakhir ketemu sudah lama. Jadi, banyak perubahan. Untuk itu, kurang lebih bakal mempelahanri terlebih dahulu video bersama tim analis buat mencari strategi untuk besok," kata Fajar.

"Besok kami bisa di perempat final. Kami ingin lebih baik. Apalagi bermain di depan publik. Kami juga belum juara Indonesia Open. Jadi, semoga konsisten dan lebih baik permainannya,” tambah dia.

Selain kedua pasangan di atas, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga ikut menambah tiket buat Indonesia di perempat final setelah menang atas pasangan Kanada Catherine Choi/Josephine Wu 21-13 dan 21-10.

Sayangnya, langkah ganda putri Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose harus kandas. Mereka menyerah 18-21 dan 8-21 saat melawan melawan unggulan ketiga China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu.