Hasil Piala AFF U-23 2023: Malaysia <i>Comeback</i> di Babak Kedua, Indonesia Kalah 1-2 
Timnas Indonesia U-23 kalah dari Malaysia di laga perdana Piala AFF U-23 2023, Jumat, 18 Agustus. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 kehilangan poin dalam pertandingan pertama Fase Grup B Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong, Thailand pada Jumat, 18 Agustus. Comeback Malaysia di babak kedua membuat Skuad Garuda Muda kalah 1-2.

Indonesia tampil maksimal di awal babak pertama dengan berusaha menekan jauh ke pertahanan lawan. Beberapa kali upaya nyaris membuka angka tapi masih meleset. 

Baru di menit ke-23 kebuntuan tim asuhan Shin Tae-yong berakhir. Timnas U-23 unggul 1-0 lewat gol apik Ramadhan Sananta di menit ke-28. 

Setelah gol pembuka jadi milik Indonesia, tekanan permainan semakin besar. Pasalnya, tim lawan berusaha mengejar ketertinggalan. 

Timnas U-23 juga semakin berani untuk menggandakan angka. Namun upaya itu menemui kendala kala Irfan Jauhari mengalami cedera dan digantikan Ragil.

Melihat situasi itu, Malaysia seperti mengambil celah. Namun upaya mereka tak membuahkan hasil hingga wasit meniup peluit tanda turun minum. 

Memasuki babak kedua, giliran Malaysia yang berusaha membaca pergerakan timnas U-23. Alih-alih menguasai permainan dan menambah gol, tim asuhan Shin Tae-yong malah mendapat ancaman dari pemain pengganti Malaysia, Fergus Tierney.

Penalti diberikan kepada Malaysia pada menit ke-53 setelah Kadek Arel melanggar Fergus Tierney. Kadek menjegal Tierney dari belakang.

Tierney sendiri yang maju sebagai algojo dan sukses membuahkan hasil bagi Malaysia. Skor imbang 1-1 lewat tendangan Tierney yang mengarah ke sisi tengah dan mampu mengecoh kiper Ernando Ari yang bergerak ke sisi kanan.

Skor imbang ini membuat pertandingan semakin seru karena Indonesia dan Malaysia punya kans menang yang sama kuat. Kali ini permainan kedua tim berjalan lebih terbuka bahkan Malaysia bisa membalas serangan Indonesia dengan baik.

Serangan yang terus dilakukan timnas U-23 membuat mereka lengah dalam lini pertahanan. Itu terlihat saat Malaysia mampu menguasai bola dari sisi kiri.

Memasuki menit ke-60 kemelut terjadi di kotak penalti timnas U-23, Kadek Arel membuat kesalahan dengan menendang bola dan justru malah dikuasai Tierney.

Dengan tenang Tierney menendang bola dengan kaki kanan yang bersarang di sisi kiri gawang Ernando Ari. Malaysia unggul 2-1 pada menit ke-62. 

Setelah tertinggal satu angka, timnas U-23 terus memberikan tekanan kepada Malaysia baik melalui Jeam Kelly Sroyer maupun Esal Sahrul, tetapi udaha itu belum mampu mengubah kedudukan.

Sundulan Sananta pada menit ke-89 nyaris jadi peluang setelah memanfaatkan umpan silang Frengky Missa. Namun itu masih belum bisa mengubah keadaan.

Hingga menit 90+10 Sananta dan Ragil terus berupaya berebut bola yang dioper Esal. Sayangnya peluang Indonesia menyamakan kedudukan terbuang karena wasit meniup peluit panjang dengan skor akhir 1-2 yang dimenangkan oleh Malaysia.