Peluang Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-23 Kecil Usai Digulung Malaysia 1-2
Pemain tim nasional Indonesia lakukan pemanasan jelang melawan Malaysia di pertandingan Grup B Piala AFF U-23 2023. (Foto: Intagram @timnas.indonesia)

Bagikan:

JAKARTA – Tim Nasional Indonesia U-23 sulit untuk mencapai semifinal Piala AFF U-23 2023 setelah kalah dari Malaysia di fase penyisihan.

Pasukan asuhan Shin Tae-yong menelan kekalahan 1-2 melawan Malaysia pada pertandingan perdana Grup B di Stadion Rayong, Thailand, Jumat, 18 Agustus malam WIB.

Hasil ini membuat Indonesia peluang Indonesia untuk mencapai babak semifinal menjadi kecil.

Meski demikian, kesempatan ke babak empat besar buat Indonesia di ajang ini tetap terbuka.

"Terlepas dari hasil pertandingan hari ini, kami akan terus berjuang dan melakukan yang terbaik sampai kami menyelesaikan turnamen ini," kata Shin Tae-yong dilansir situs PSSI.

Peluang terbaik Indonesia untuk mencapai semifinal adalah merebut satu tiket runner up terbaik. Indonesia membutuhkan kemenangan telak atas Timor Leste di laga terakhir grup untuk menjaga kans ini.

Kontestan Piala AFF tahun ini dibagi ke dalam tiga grup. Masing-masing juara grup otomatis akan lolos ke semifinal, didampingi satu tim yang berstatus runner up terbaik tadi.

Kekalahan melawan Malaysia membuat Indonesia menghuni posisi paling bawah klasemen sementara runner up terbaik. Berada di depan Pasukan Garuda adalah Filipina (kedua) dan Thailand (pertama).

Pesaing terbesar buat Indonesia untuk merebut runner up terbaik adalah Kamboja dari Grup A. Dengan catatan Thailand sanggup mengalahkan Kamboja.

Asumsi ini karena hasil melawan tim peringkat keempat di Grup A tidak akan dipertimbangkan dalam penentuan peringkat ini.