PSG Setuju Jual Neymar ke Al Hilal dengan Harga Rp1,5 Triliun
Pemain Paris Saint-Germain (PSG), Neymar. (Foto: Twitter/@PSG_Inside)

Bagikan:

JAKARTA – Paris Saint-Germain (PSG) akan menjual bintang mereka Neymar ke tim Liga Pro Arab Saudi, AlHilal.

Media Inggris, BBC Sport, melaporkan, Al Hilal mengeluarkan uang sebesar 90 juta euro (Rp1,5 triliun) untuk mendapat tanda tangan Neymar. Itu tidak termasuk tambahan biaya lainnya.

Transfer ini tergantung pada pemain berusia 31 tahun itu menyelesaikan tes medis dan semua dokumen yang diperlukan.

Jika selesai, transfer ini akan melanjutkan belanja musim panas yang luar biasa oleh klub-klub Saudi. Belanja besar ini sekaligus untuk memenuhi ambisi Liga Pro Arab Saudi untuk menjadi salah satu kompetisi teratas di dunia dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelumnya pemain-pemain seperti Karim Benzema, N'Golo Kante, Jordan Henderson, Ruben Neves, Sadio Mane, dan Roberto Firmino, telah pindah ke Arab Saudi.

Perpindahan besar-besaran ini terjadi setelah superstar Portugal, Cristiano Ronaldo, bergabung dengan Al-Nassr dari Manchester United pada bulan Januari lalu.

Neymar, yang bergabung dengan PSG dengan biaya transfer yang memecahkan rekor dunia sebesar 222 juta euro pada 2017, absen dalam laga pembuka Liga 1 Prancis pada Sabtu lalu akhir pekan kemarin.

Menurut laporan, pemain berusia 31 tahun tersebut tidak menjadi bagian dari rencana pelatih Les Parisiens, Luis Enrique, untuk musim baru.

Penjualan Neymar ini sesuai dengan strategi PSG untuk menjauh dari era 'Galacticos' yang merekrut pemain-pemain terkenal dengan bayaran besar dan gaji yang signifikan.

Neymar sendiri diperkirakan mendapatkan gaji sebesar 25 juta euro per tahun di klub asal Perancis tersebut.

Berita mengenai penjualan Neymar ke Al Hilal muncul hanya 24 jam setelah pemain PSG, Kylian Mbappe, dipanggil kembali ke dalam latihan tim utama setelah melakukan pembicaraan yang positif dengan pihak klub.

Mbappe, 24 tahun, telah menolak perpanjangan kontrak di tengah keinginannya untuk bergabung dengan Real Madrid. Oleh karena itu, ia sempat disebut mau dijual oleh klub.

Bulan lalu, PSG memberikan izin kepada Al Hilal untuk berbicara dengan Mbappe. Itu setelah klub asal Arab Saudi itu mengajukan tawaran senilai 259 juta poundsterling.