Menpora Dito Punya Mimpi Melihat Mario Aji ke MotoGP
Menpora Dito Ariotedjo (kiri) bersama pebalap Mario Aji. (Foto: Cosmas Kopong Beda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap pebalap Indonesia Mario Aji bisa menembus level MotoGP. Dia ingin jebolan Astra Honda Racing Team itu mengikuti jejak sang legenda, Valentino Rossi.

Mario Aji saat ini masih membalap di kelas Moto3 bersama Honda Asia Team. Pebalap berusia 19 tahun asal Magetan itu membalap bersama tim tersebut sejak musim lalu.

"Kami berharap Mario menjadi Valentino Rossi-nya Indonesia karena dari sisi usia, sekarang 19 tahun sudah di Moto3. Sama kayak Rossi," ujar Dito setelah menerima Mario di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat, 28 Juli 2023.

Di Moto3 musim ini Mario total sudah mengikuti delapan balapan. Dari jumlah balapan itu dia mengumpulkan empat poin dan menempati urutan ke-25 di klasemen sementara pebalap.

Dito mengatakan, Mario adalah pebalap Indonesia yang memiliki progres meyakinkan sejauh ini. Oleh karena itu, peluang dia masuk ke balapan bergengsi MotoGP jelas sangat besar.

"Ini (masuk ke MotoGP) bukan hal yang mustahil karen dari segi progres dan prestasinya sangat memungkinkan," kata Menteri yang berusia 32 tahun tersebut.

Musim ini Mario mendapat poin sekaligus merupakan capaian terbaik selama berkiprah di kelas Moto3 setelah finis pada urutan ke-12 di Austin, Texas, pada April lalu.

Selanjutnya Mario akan melanjutkan musim ini di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 5-6 Agustus mendatang. Setelah itu masih ada lima balapan sebelum dia mendapat kesempatan tampil di hadapan publik sendiri di Mandalika pada Oktober nanti.