Pebalap Indonesia Mario Aji Dapat Motor 600cc dari Kemenpora untuk Latihan di Sirkuit Mandalika, Pakai Dana Negara?
Menpora Dito Ariotedjo (kiri) bersama pebalap Mario Aji. (Foto: Cosmas Kopong Beda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan lembaganya akan membantu memfasilitasi pebalap Moto3 Indonesia Mario Aji motor 600cc untuk latihan.

Dijo menerima pebalap berusia 19 tahun itu di Kantor Kemenpora pada Jumat, 28 Juli 2023 siang WIB, untuk membahas ihwal bantuan itu. Motor tersebut nantinya akan digunakan Mario di Sirkuit Mandalika.

"Kehadirannya ke kami di Kemenpora untuk menyampaikan ada beberapa kebutuhan guna mendorong progres dan kemajuan kariernya di Moto3," ujar Dito dalam keterangan usai pertemuan.

Lebih lanjut Dito memastikan, pengadaan motor untuk Mario Aji tidak akan menggunakan anggaran negara. Dia mengatakan sudah berkomunikasi dengan lembaga swasta dan mereka pun siap membantu.

"Kami akan mendapatkan pinjaman yang akan digunakan buat Mario pada November nanti. Jadi, Mario mulai latihannya di Sirkuit Mandalika pada bulan November. Untuk detailnya nanti lebih baik ada keterangan pers," ujar Dito.

"Ini suatu contoh kolaborasi tidak selalu harus menggunakan anggaran negara. Jadi, saya juga terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu. Nanti kami akan umumkan setelah sudah resmi," ia menambahkan.

Mario Aji musim ini memperkuat Honda Asia Team untuk tahun kedua secara beruntun. Dia sudah tampil di delapan balapan dan mengumpulkan empat poin untuk duduk di posisi ke-25 klasemen sementara.

Poin tersebut dia dapatkan ketika tampil pada balapan Moto3 di Austin, Texas, Amerika Serikat, pada bulan April lalu. Ketika itu di finis di urutan ke-12 untuk mendapat hasil terbaik pertamanya selama berkiprah di kelas ini.