Menggebrak FP2 Moto3 Portugal dengan Jadi yang Tercepat, Mario Aji: Saya Tak Benar-benar Puas
Pebalap Indonesia Mario Aji, menjadi yang tercepat pada FP2 Moto3 Portugal. (Foto: Instagram @mariosuryoaj1)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Indonesia, Mario Aji, tidak mau terlena setelah menjadi tercepat pada sesi latihan bebas kedua (FP2) Moto3 2022 Portugal di Sirkuit Portimao pada Jumat, 22 April malam WIB.

Pebalap dari Honda Team Asia ini menyelesaikan FP2 dengan catatan waktu 2 menit 2,491 detik. Ia unggul 0,053 detik dari pebalap KTM Diogo Moreira yang mengisi posisi kedua.

"Saya senang untuk posisi ini tetapi tidak pernah benar-benar puas. Saya telah memperbaiki catatan waktu putaran demi putaran pagi ini, tetapi setelah menganalisis data, kami menemukan cara mengendarai motor dengan lebih baik di FP2," ujar Mario Aji dalam rilis yang diterima VOI.

Sebenarnya hasil positif sudah didapat Mario Aji sejak latihan bebas pertama. Di sesi tersebut, ia sempat bersaing pada posisi ketiga sebelum menyelesaikannya di urutan ke-14.

Mario kemudian diuntungkan kondisi lintasan basah saat FP2 berlangsung. Padahal, kondisi ini sempat dianggap membahayakan pebalap sehingga race direction sempat mengibarkan red flag untuk menghentikan sesi setelah banyak pebalap mengalami crash.

Walaupun kondisi trek yang tidak ideal, Mario justru sukses memaksimalkan performanya. Hal yang sama juga pernah ia lakukan di Moto3 Mandalika, saat ia berada di posisi ketiga kualifikasi yang juga berlangsung di lintasan basah

"Saya merasa jauh lebih percaya diri di lintasan basah dengan sedikit perubahan. Saya senang, tetapi kita harus terus bekerja untuk besok. Saya suka berkendara dalam kondisi seperti ini di sini. Sirkuit ini memiliki cengkeraman yang baik di medan basah. Saya berharap besok cuacanya bagus untuk saya. Artinya kondisi basah tapi tidak berangin!" ujar Mario Aji.

Latihan bebas Moto3 Portugal akan kembali berlangsung pada hari ini Sabtu, 23 April. Usai FP3, sesi akan berlanjut ke kualifikasi dan berlanjut ke race pada Minggu, 24 April besok.