Nikmatilah Puncak Klasemen Arsenal, Selagi Bisa
Arsenal kembali ke puncak klasemen sementara Premier League Inggris usai membungkam Chelsea. (Foto: Twitter/@Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal kembali ke puncak klasemen setelah mengalahkan Chelsea pada pekan ke-34 Premier League Inggris. Dalam laga bertajuk derbi London di Stadion Emirates, Rabu, 3 Mei, dini hari WIB tersebut, The Gunners menang 3-1.

Martin Odegaard mengemas dua gol dalam pertandingan ini. Sementara satu gol lainnya tuan rumah dicetak Gabriel Jesus.

Sementara itu Chelsea hanya bisa memperkecil ketertinggalan di babak kedua melalui gol Noni Madueke.

Tambahan tiga poin itu membuat Arsenal kini kembali nangkring di posisi pertama klasemen sementara dengan 78 poin dari 34 laga. Mereka unggul dua angka dari Manchester City yang menempati posisi kedua.

Namun, Arsenal bisa saja tergusur lagi karena City baru bermain 32 kali. Artinya, The Citizens masih punya dua laga sisa lebih banyak.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, meminta anak asuhnya untuk menikmati puncak klasemen yang saat ini mereka duduki. Dia pun berharap, The Gunners bisa memanfaatkan semua peluang yang ada untuk tetap berada di sana.

"Masih ada empat pertandingan lagi, kami berada di puncak sekarang. Kami tidak bisa melakukan itu (membiarkan kepala tertunduk), untuk berada di tempat kami berada setelah 10 bulan melawan tim yang kami lawan, berada di sana dan memiliki kemungkinan untuk menjadi yang teratas," ujar Arteta.

"Kami harus menikmatinya dan menerimanya, memaksimalkan peluang yang kami miliki karena kami tidak tahu apa yang akan terjadi. Kami ingin memiliki pendekatan permainan yang sangat berbeda, dan kami melakukannya sejak awal," lanjutnya.

Arteta kemudian menyebut timnya sudah menemukan kembali performa terbaiknya setelah sempat terpuruk di beberapa laga terakhir.

"Kami ingin membuktikan bahwa kami memiliki semangat. Saya bisa melihatnya dalam beberapa hari terakhir, dan kami mempersiapkan diri untuk pertandingan dengan baik," tutur manajer asal Spanyol itu.

"Secara mental kami tiba dalam suasana hati yang tepat dan dengan tingkat energi yang tepat. Semuanya berjalan untuk kami juga, itu yang penting."

"Kami mengalami beberapa minggu yang sulit dengan permainan yang sangat berbeda, dengan banyak emosi yang terlibat. Kami kembali ke puncak liga – mari kita lihat apa yang terjadi nanti," sambungnya.

Sementara itu, Chelsea makin terpuruk di posisi 12 dengan 39 poin. Frank Lampard belum sekalipun meraih kemenangan dalam enam pertandingan Premier League Inggris sejak kembali melatih mantan klubnya itu.

Susunan pemain

Arsenal (4-3-3): Aaron Ramsdale; Ben White, Jakub Kiwior, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko (Kieran Tierney 73'); Martin Odegaard, Jorginho, Granit Xhaka; Bukayo Saka (Reiss Nelson 74'), Gabriel Jesus, Leandro Trossard (Gabriel Martinelli 79').

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Wesley Fofana, Thiago Silva, Ben Chilwell; N'Golo Kante, Enzo Fernandez (Mykhailo Mudryk 71'), Mateo Kovacic; Noni Madueke (Hakim Ziyech 79'), Pierre-Emerick Aubameyang (Kai Havertz 70'), Raheem Sterling (Conor Gallagher 71')