Laga Imbang, Arsenal Bantu Liverpool Geser Aston Villa
Liverpool bermain imbang 1-1 melawan Arsenal di pertandingan Premier League Inggris. (X/@Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal membantu Liverpool menggeser Aston Villa setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam big match di Premier League Inggris di Stadion Anfield, Minggu, 24 Desember dini hari WIB.

Arsenal kembali gagal mematahkan rekor tak pernah menang di Anfield sejak 2012. Namun hasil imbang di big match itu mengukuhkan posisi The Gunners di puncak klasemen saat menjelang Natal.

Tak hanya itu, Arsenal setidaknya memberi kado kepada Liverpool. Hasil imbang itu membantu The Reds merebut kembali posisi runner up yang sebelumnya dikuasai Aston Villa.

Kompetisi yang memasuki pekan tradisi hari raya Natal dan Tahun Baru juga menghadirkan kejutan kecil saat Villa yang bermain di kandang sendiri gagal melanjutkan catatan kemenangan. Villa justru ditahan tim papan bawah Sheffield United 1-1.

Hasil imbang itu menggagalkan upaya The Villans merebut puncak klasemen. Tim asuhan Unai Emery hanya bisa menggeser Liverpool dan menyamai poin Arsenal.

Namun kemudian Liverpool merebut kembali posisi itu. Sama-sama memiliki poin 39, namun Liverpool unggul selisih gol dibandingkan Villa.

Sementara, Arsenal masih kukuh di puncak klasemen dengan poin 40. Meski belum bisa mematahkan rekor di Anfield, namun Arsenal tercatat memenangi lima dari tujuh laga terakhir.

Catatan menarik lainnya, 10 dari 14 tim yang menduduki puncak klasemen pada Natal, menjadi juara liga. Hanya kompetisi masih jauh dan persaingan memperebutkan posisi puncak kembali memanas dengan kehadiran Villa.

Sementara, juara bertahan Manchester City sudah terlempar dari empat besar. Man City yang baru saja memenangi Piala Dunia Antarklub menduduki peringkat lima dengan poin 34. Namun, The Cityzens masih menyimpan satu laga tunda

Laga besar dari Liverpool melawan Arsenal yang merupakan dua tim teratas Premier League ini memang berjalan menarik. Tidak kurang manajer Arsenal Mikel Arteta menyebut sebagai pertandingan yang luar biasa. Kedua tim tampil dengan intensitas tinggi. Mereka silih berganti menyerang pertahanan lawan.

"Laga yang luar biasa menarik. Salah satu pertandingan dengan intensitas tinggi yang pernah saya saksikan selama 20 tahun terakhir di liga ini," kata Arteta kepada BBC.

"Dalam beberapa momen, kami yang unggul. Selama 20 menit terakhir, kami sesungguhnya ingin mendapatkan lebih. Tetapi hasil imbang ini sudah fair," ucapnya.

Arsenal tampil apik dan langsung menggebrak pertahanan Liverpool saat memulai laga. Hasilnya, laga baru berjalan empat menit, klub London Utara ini sudah langsung unggul lewat bek tengah Gabriel Magalhaes.

Gol berawal dari tendangan bebas kapten Martin Odergaard dari luar kotak penalti yang disambut Gabriel.

Tidak ada yang menghalangi saat bek timnas Brasil ini melompat menyambut bola atas dari Odegaard.

Pemain Liverpool, Cody Gakpo kalah dalam duel udara sehingga bola sundulan Gabriel meluncur deras ke sudut gawang tanpa bisa diselamatkan kiper Alisson Becker.

Tertinggal 1-0, Liverpool langsung terlecut. Mereka bangkit dan bermain lebih agresif mengejar ketinggalan gol. Tak butuh waktu lama bagi Liverpol untuk menyamakan skor.

Di menit 29, pemain depan Liverpool Mohamed Salah secara brilian membobol gawang Arsenal. Dirinya menyambut umpan panjang Trent Alexander-Arnold dan kemudian dengan mudah mengecoh bek Oleksandr Zinchenko sebelum melepaskan tendangan ke gawang.

Ini menjadi gol ke-151 Salah. Pemain timnas Mesir ini pun menjadi pemain ke-10 sebagai top skor dalam sejarah Premier League. Skor imbang 1-1 bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Liverpoo tetap menyerang. Mereka berharap mendapat hadiah penati saat Odegaard dinilai handball di kotak terlarang. Namun wasit membiarkan insiden itu.

Sementara, sepakan Trent Alexander-Arnold masih membentur tiang gawang. Dari Arsenal, Bukayo Saka sempat mengancam gawang The Pool. Hanya saja sepakannya masih melebar.

Di laga itu, Liverpool kehilangan bek andalan Kostas Tsimikas yang mengalami cedera setelah terjadi kontak fisik dengan Saka.

Tsimikas kemudian terjatuh menimpa manajer Jurgen Klopp yang juga ikut ambruk. Akibatnya, Tsimikas mengalami cedera dan terpaksa ditarik keluar

Sampai akhir pertandingan, skor tak berubah 1-1. Klopp mengakui bila Arsenal bermain sangat bagus dan menyulitkan timnya.

"Oh Tuhan. Betapa kuatnya mereka. Kabar baiknya, kami juga bermain bagus," kata Klopp.

"Di pertandingan seperti ini, tak mudah saat kami sudah kebobolan lebih dulu di menit awal. Apalagi Arsenal punya kecepatan. Tetapi bagaimana kami bermain di babak kedua, kami seharusnya bisa menambah gol. Apapun, pertandingan ini sangat bagus," ucapnya.

Liverpool menutup laga di hari Natal dengan hasil imbang. Ini untuk kali kedua secara berturut-turut Liverpool bermain imbang di kompetisi domestik.

Sebelumnya, mereka ditahan Manchester United 0-0 Meski gagal merebut posisi puncak, namun Liverpool bisa menjaga jarak poin dengan Arsenal.