Ketum PSSI Targetkan Indonesia Main di Piala Dunia 2038, Langkah Strategis Tertuang dalam Cetak Biru
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat memberikan sambutan dalam perayaan ulang tahun PSSI. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan Indonesia ditargetkan sudah bermain di Piala Dunia pada tahun 2038 nanti.

Target itu tertuang di dalam cetak biru (blueprint) transformasi sepak bola Indonesia yang baru-baru ini diserahkan ke Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

"Di blueprint sudah jelas kita kalau mau masuk ke Piala Dunia, maka tahun 2038. Itu kalau mau, bukan sebagai tuan rumah," kata Erick di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat, 14 April malam.

Untuk memenuhi target itu, sejumlah langkah strategis pun perlu dilakukan. Di antaranya adalah menyiapkan talenta terbaik nasional di semua level umur yang disinergikan dengan liga.

Erick mengatakan bahwa persiapan itu bakal mencakup pembehanah sekolah sepak bola (SSB) dan mengadakan kompetisi liga di level sekolah. Hal-hal bisa mencontoh dari negara-negara seperti Jepang.

"Ya, persiapan dari U-9, U-10, U-11, U-12 dan disinergikan dengan sistem liga. Tinggal bagaimana kita benchmarking sama Jepang ciptakan liga sekolahnya sama SSB,” ujar sosok yang menjabat Menteri BUMN itu.

Blueprint transformasi sepak bola Indonesia dibuat mengikut arah Presiden Joko Widodo. Cetak biru ini berisi rencana-rencana strategis baik yang jangka pendek dan juga jangka panjang.

Salah satu target jangka panjang dalam blueprint sepak bola Indonesia tersebut adalah menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2042 nanti.