Bagikan:

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir beserta jajarannya dalam pertemuan di Istana Negara, Senin, 20 Februari. Jokowi berharap PSSI membuat cetak biru (blueprint) sepak bola Indonesia.

"Kami mendapat arahan bagaimana sepak bola Indonesia harus punya blueprint jangka pendek, menengah, dan panjang," kata Erick dalam konferensi pers yang dipantau lewat tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Untuk jangka panjang, blueprint itu memiliki tujuan mewujudkan mimpi Indonesia menjadi tuan Piala Dunia 2040. Harapan itu sebelumnya sudah dibicarakan Jokowi bersama Presiden FIFA Gianni Infantino pada gelaran G20, beberapa waktu lalu.

"Konteksnya ke sana. Kalau blueprint tak ada ujungnya, hanya sekadar blueprint. Jika ada tujuan besar, siapapun pemerintahnya, siapapun menterinya, siapapun ketum PSSI-nya, kita punya tujuan yang sama mengibarkan bendera merah putih di level tertinggi," tutur Erick.

PSSI pun siap untuk segera menjalankan arahan dari Presiden Jokowi. Blueprint tersebut rencananya akan mulai dibuat dalam waktu dekat meski belum ada target pasti kapan.

"Ini menjadi komitmen kami bahwa blueprint ini harus segera terjadi. Kami buktikan dengan kepengurusan yang baru, kami bisa bekerja memaksimalkan sepak bola Indonesia," ujar Erick yang pernah menjabat posisi Presiden Inter Milan.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu kemudian menjelaskan, kerangka kerja terperinci tersebut akan mencakup beberapa aspek, di antaranya infrastruktur, percepatan tim nasional, dan pembinaan yang bersifat menyeluruh.

Dia pun menegaskan, harus ada kerja sama antara PSSI dengan FIFA dan juga Pemerintah. Kesinambungan kerja sama itu diharapkan bisa membawa transformasi sepak bola nasional ke arah yang benar.