Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional U-22 Indra Sjafri tidak takut uji coba tim nasional Indonesia U-22 melawan Lebanon diintip calon lawan-lawan fase grup SEA Games 2023 Kamboja.

Garuda U-22 yang dipersiapkan untuk SEA Games akan menjalani uji coba melawan Lebanon di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Jumat, 14 April pukul 20.30 WIB.

Pertandingan ini akan disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi nasional. Oleh karena itu, muncul kekhawatiran kekuatan Timnas Indonesia U-22 bisa diintip calon lawan.

"Di zaman serba digital sekarang, mau sembunyi di mana pun pasti orang akan tahu. Jadi, tidak bisa kita hindari," kata Indra di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis, 13 April.

Indra menjelaskan, sekalipun disiarkan secara langsung, kekuatan Indonesia hanya akan bisa diprediksi oleh calon lawan. Ia melanjutkan, seperti apa permainan Indonesia di saat kompetisi nanti tidak akan diketahui.

"Saya siap saja cuma untuk diingat bahwa kalau orang tahu, pelatih tahu apa yang akan dibikin oleh lawannya, itu berarti tidak perlu lagi pelatih di pinggir lapangan," ujar dia.

"Jadi, tidak ada satu pun pelatih di dunia ini yang tahu apa yang akan dilakukan oleh lawannya. Mereka hanya bisa memprediksi kemungkinan-kemungkinan siapa pemain kunci dan bagaimana kebiasaan dia bermain," tambahnya.

Rangkaian kompetisi cabang olahraga (cabor) sepak bola putra dalam ajang SEA Games 2023 akan dimulai pada 29 April mendatang. Total ada 10 negara yang telah terbagi ke dalam dua grup.

Dari hasil undian yang dilakukan, Indonesia masuk dalam Grup A bersama Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan Kamboja selaku tuan rumah aja dua tahunan sekawasan Asia Tenggara ini.

Indonesia akan memulai perjalanan di fase grup dengan melawan Filipina, Sabtu, 29 April. Menyusul setelah itu berturut-turut Indonesia akan melawan Myanmar (4 Mei), Timor Leste (7 Mei), dan Kamboja (10 Mei).