Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas U-22, Indra Sjafri menceritakan momen mendebarkan ketika ia dan tim menantikan hasil pengumuman FIFA soal sanksi terhadap Indonesia. Mengaku sempat was-was, pelatih dan tim akhirnya lega dan bersyukur karena sanksi yang diberikan cukup ringan.

Indra Sjafri menceritakan bahwa setelah FIFA mencabut status tuan rumah dan muncul bayangan sanksi berat, para pemain di timnas U-22 turut khawatir dengan kelangsungan nasib mereka. Apalagi sebelumnya diketahui bahwa timnas U-22 dipersiapkan untuk tampil di SEA Games 2023 di Kamboja pada Mei mendatang.

“Sangat was-was, bahkan para pemain harap-harap cemas bagaimana apakah nasib mereka juga akan sama seperti kayak timnas U-20,” beber Indra Sjafri seusai acara syukuran di Hotel Sultan pada Jumat, 7 April malam WIB.

Kekhawatiran itu muncul karena jika FIFA menjatuhkan sanksi berat, itu berarti aktivitas sepak bola di Tanah Air juga dibekukan. Hal ini jelas akan berpengaruh pada kesempatan timnas U-22 termasuk untuk tampil di SEA Games.

Namun beruntungnya, kabar baik datang dari FIFA pada Kamis, 6 April malam WIB karena sanksi yang diberikan hanya berupa administrasi. Kabar ini langsung disambut baik oleh Indra Sjafri dan juga seluruh tim.

“Alhamdulillah tengah malam tadi, kita dapat berita (soal sanksi FIFA) dan mereka sangat senang sekali,” beber Indra Sjafri yang juga ikut sumringah di depan awak media.

Menyambut gembira kabar ini, Indra Sjafri juga menjelaskan bahwa kebahagian sangat terasa ketika para pemain timnas U-22 menjalani sesi latihan. Katanya pemain terlihat begitu termotivasi menyambut gelaran SEA Games 2023.

“Tadi sore (kegembiraan) ditunjukkan para pemain, itu terlihat dengan motivasi berbeda dari teman-teman saat latihan,” ujar pelatih asal Sumatera Barat itu.

Setelah dipastikan bisa tampil di SEA Games 2023, timnas U-22 akan meneruskan agenda latihan sebagai persiapan berangkat ke Kamboja pada 25 April. Namun sebelum itu, skuad Garuda Nusantara akan lebih dulu melewati empat kali agenda uji coba dengan tim lokal dan timnas Lebanon.