Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, bakal menyerahkan daftar 50 nama pemain ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Nama-nama tersebut adalah pemain yang akan masuk dalam skuad sementara untuk tampil di SEA Games 2023.

Kabar ini dibagikan Indra Sjafri selepas memimpin pemusatan latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis, 16 Maret pagi. Dalam kesempatan yang sama, ia juga menegaskan, daftar pemain kali ini didominasi pemain dari klub Liga 2.

"Dan habis sarapan ini kita akan meeting dan diskusi dengan para pelatih. Siang kami akan kasih 50 pemain (kepada KOI). Sebanyak 21 pemain itu dari pemain-pemain Liga 1, dan 29 pemain teman-teman yang ada dari Liga 2," kata Indra Sjafri dikutip dari Antara.

Pria yang juga Direktur Teknik (Dirtek) PSSI itu juga menjelaskan, ada 15 nama pemain dari Liga 1 yang punya menit bermain reguler. Sementara enam sisanya memiliki menit yang tidak dominan.

Namun berdasarkan pertimbangan, Indra Sjafri tetap mendaftarkan seluruh nama. Setelah mendaftarkan 50 nama pemain, pelatih asal Sumatera Barat itu menjelaskan bahwa TC akan digelar pada 29 Maret atau 1 April mendatang di Jakarta.

Setelah itu, ia akan memantau para pemain yang dipanggil ke timnas U-22 untuk dua pertandingan di FIFA match day melawan Burundi pada 25 dan 28 Maret mendatang.

"Jadi pemain-pemain akan bermain di FIFA match day, kalau gak salah ada lima, ada lima pemain yang bermain di FIFA match day yang kelahiran 2001. Dan kita akan pantau perkembangan dia di senior nanti," tutur Indra.

Agenda TC dan uji coba ini merupakan pemantapan tim dalam persiapan menuju SEA Games 2023 yang akan berlangsung pada 5 sampai 17 Mei di Kamboja. Indra Sjafri juga tengah mengupayakan agar tim asuhannya bisa melakukan tiga sampai empat kali uji coba sebelum tampil.

"Jadi kami akan mulai uji coba dari tanggal 11 sampai liga berakhir 16 April, kami akan bikin simulasi, tiga atau empat kali ujicoba, main-istirahat-main-istirahat mungkin dengan tim-tim liga yang ada di Liga 1," jelas Indra.

"Tidak tertutup kemungkinan nanti kalau memang ada tim-tim Piala Dunia yang sudah masuk ke Indonesia. Kami coba, kami minta ke PSSI atau mereka bisa beruji coba di kita," tuturnya.

Untuk SEA Games 2023, Timnas Indonesia dibebani target meraih medali emas. Sejauh ini, Indonesia baru dua kali mampu merebut medali emas dari cabang olahraga sepak bola putra, yakni pada 1987 dan 1991.