Deretan Rekor Erling Haaland Bersama The Citizens, Terbaru Salip Koleksi Gol Mo Salah dan Rud Van Nistelrooy
Penyerang Manchester City Erling Haaland (@Manchestercity)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Deretan rekor Erling Haaland Kembali bertambah setelah ia mencetak satu gol dan satu asissts ketika timnya, Manchester City menjamu Bayern Munchen di Etihad Stadium pada leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu, 12 April 2023.

Rekor yang ditorehkan Haaland usai menjalani laga tersebut yakni menjadi pemain Liga Inggris dengan koleksi gol terbanyak dalam satu musim di semua ajang yang diikuti. Secara keseluruhan, pemuda Norwegia itu sudah mencetak 45 gol di berbagai ajang pada musim 2022/2023.

Haaland telah melampaui rekor yang dipegang legenda Manchester United Ruud van Nistelrooy dan striker Liverpool Mohamed Salah.

Van Nistelrooy membuat 44 gol di musim 2002/2003. Sedangkan Salah melakukannya pada musim 2017/2018.

Hebatnya lagi, Haaland mengoleksi 45 gol hanya dalam 39 pertandingan. Sementara Ruud Van Nistelrooy membutuhkan 52 laga untuk bisa mengoleksi 44 gol.

Deretan Rekor Erling Haaland bersama Manchester City 

Selain menjadi pemain Liga Inggris dengan koleksi gol terbanyak dalam satu musim, berikut rekor-rekor lain yang ditorehkan Erling Haaland The Citizens. 

  1. Top scorers terbanyak Manchester City dalam satu musim

Bulan lalu, striker 22 tahun itu sukses memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak Manchester City dalam satu musim kompetisi. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Tommy Johnson dengan 38 gol pada musim 1928/1929.

  1. Top scorers di Liga Champions 2022/2023

Di ajang Liga Champions 2022/2023, Haaland sudah membukukan 11 gol. Ia memimpin daftar top skor sementara liga paling bergengsi di Eropa.

Mesin gol Manchester City itu unggul tiga gol dari Salah yang berada di posisi kedua.Top scorer di Liga Champions 2022/2023

  1. Pemain Eropa pertama yang terlibat 50 gol

Erling Haaland adalah pemain pertama di sepak bola Eropa yang terlibat langsung dalam 50 gol di semua kompetisi pada musim ini.

  1. Jadi pemain tercepat dan termuda yang bukukan 30 gol di Liga Champions

Rekor Erling Haaland yang berikutnya yakni menjadi pemain tercepat yang mmpu mencetak minimal 30 gol di Liga Champions. Eks striker Borusia Dortmund ini hanya butuh 25 laga untuk mencetak 33 gol di Liga Champions.

Haaland berhasil melewati rekor yang dibuat Ruud van Nistelrooy yang membutuhkan 34 laga untuk mendapatkan gol ke-30.

Tak cukup sampai disitu, Haaland juga menjadi pemain paling muda yang mencetak minimal 30 di Liga Champions. Haaland baru berusia 22 tahun dan 236 hari ketika mencetak gol ke-30, lebih muda dari Kylian Mbappe.

  1. Mencetak 5 gol dalam satu laga di Liga Champions

Erling Haaland termasuk salah satu pemain yang bisa mencetak lima gol dalam satu pertandingan di liga pemain.

Sejarah mencatat, hanya ada tiga pemain yang bisa melakukannya. Pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu laga Liga Champions adalah Lionel Messi. La Pulga melakukannya pada 2012 lalu, ketika Barcelona menang 7-1 atas Bayer Leverkusen.

Kemudian, ada Luis Adriano yang membukukan 5 gol saat membela Shakhtar pada 2014. Adriano mencetak lima gol dalam durasi 82 menit. Messi melakukannya dalam waktu 84 menit, dan Haaland hanya butuh 57 menit.

Semua rekor yang dibukukan Haaland di atas, diraih ketika ia berseragam Manchester City.

Demikian informasi tentang deretan rekor Erling Haaland.