Profil Al Hilal, Musuh Bebuyutan Al Nassr yang Ingin Boyong Messi dari PSG
Lionel Messi. (Foto: Twitter/@PSG_Inside)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam artikel kali ini akan dibahas profil Al Hilal, klub sepak bola di Arab Saudi yang berminat boyong Lionel Messi dari Paris Saint-Germain (PSG).

Al Hilal dikabarkan siap membayar Messi sebesar 400 juta Euro atau Rp6,5 triliun per tahun.

Di sisi lain, kontrak Lionel Messi bersama PSG akan berakhir pada Juni 2023. Dengan demikian, ia bisa pergi dengan status bebas transfer.

The Parisians sedianya sudah memberikan perpanjangan kontrak selama semusim, namun tampaknya Messi tidak bersedia.

Apabila Messi menerima tawaran Al Hilal, maka ia bakal kembali berhadapan dengan Cristiano Ronaldo yang bermain untuk klub Al Nassr. Pasalnya, Al Hilal adalah musuh bebuyutan Al Nassr di Liga Arab Saudi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 8 April 2023, berikut profil Al Hilal, klub yang Arab Saudi yang ingin datangkan Messi dari PSG.

Profil Al Hilal

Al Hilal adalah salah satu klub raksasa dari Tanah Arab di Asia. Berdiri pada 1957, klub berjuluk The Blue Waves ini mendiami King Fahd International Stadium, Riyadh sebagai homebasenya.

Al Hilal tercatat sudah empat kaali menjuarai Liga Champions Asia. Selain itu, klub ini juga sudah mengoleksi 18 gelar juara Saudi Pro League. Capaian ini menjadikan Al Hilal sebagai klub tersukses di Arab Saudi.

Al Hilal juga merupakan rival Al Nassr. Jika Messi bersedia meneken kontrak dengan klub ini, maka rivalitas Messi vs Ronaldo akan kembali berlanjut di Arab Saudi!

Punggawa Al Hilal
Punggawa Al Hilal (Foto: Al Hilal)

Dalam beberapa tahun terakhir, Al Hilal sangat getol mendatangkan pemain asing. Musim ini di tiap lini ada pemain asingnya seperti bek tengah asal Korea Selatan ang Hyun-soo, empat pemain di lini tengah Gustavo Cuellar (Kolombia), Moussa Marega (Mali), Andre Carrillo (Peru), dan Luciano Vietto (Argentina). Lalu sang striker asal Nigeria, Odion Ighalo.

Juru taktik Al Hilal pun berasal dari Argentina, yakni Ramon Diaz. Akan tetapi, Diaz hanya dikontrak semusim yang akan habis di musim panas ini.

Pemilik Al Hilal adalah Abdullah bin Mosaad bin Abdul Aziz Al Saud. Dia merupakan putra Pangeran Mosaad bin Abdul Aziz Al Saud alias merupakan keluarga kerajaan.

Menariknya, Abdullah sudah lama terjun ke dalam bisnis olahraga. Dia pernah jadi Jenderal Otoritas Olahraga Arab Saudi di tahun 2014, sekaligus dirinya didaulat sebagai ketua Komite Olimpiade Arab Saudi, dan ketua Federasi Olahraga Solidaritas Islam (Islamic Solidarity Sports).

Pada 2015, Abdullah mencaplok 50 persen saham Sheffield United, sebuah tim sepak bola profesional Inggris yang bermarkas di kota Sheffield, Yorkshire Selatan, Inggris.

Selain itu, Abdullah juga memiliki klub divisi dua Liga Prancis, yakni Chateauroux.

Abdullah diprediksi ingin mengembangkan Al Hilal agar dapat menjadi jawara di level Asia. Strategi yang diterapkan adalah merayu pemain-pemain top datang. Salah satunya adalah dengan mencoba mendatangkan Lionel Messi dari PSG.

Demikian informasi tentang profil Al Hilal. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.