Bagikan:

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo agar memprioritaskan cabang olahraga (cabor) tertentu untuk tampil di SEA Games 2023.

Dito mengungkapkan pesan tersebut disampaikan Presiden Jokowi selepas dirinya dilantik menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali di Istana Negara pada Senin, 3 April 2023 petang WIB.

"Ada tiga poin dari Pak Presiden. Pertama Pak Presiden ingin di agenda event SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor-cabor yang memiliki potensi medali," ujar Dito dalam konferensi pers.

SEA Games Kamboja akan berlangsung pada 5 sampai 17 Mei mendatang. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah multicabang olahraga di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Ajang dua tahunan itu akan mempertandingkan 44 cabang olahraga dengan 632 nomor. Dari cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut, tuan rumah hanya memasukkan 21 cabang Olimpiade.

Sisanya, lebih ke cabang olahraga tradisional maupun nomor di luar cabang Olimpiade. Indonesia sendiri belum mengumumkan berapa jumlah cabor dan atlet yang dikirim.

Dito mengatakan, Jokowi meminta cabor yang dikirim harus punya potensi medali yang besar. "Jadi, harus efisien tetapi kita mendapatkan hasil medali yang terbaik," ujar Dito.

Selain tugas di atas, Dito juga diberikan dua tugas lainnya oleh Jokowi. Salah satu di antaranya adalah mengembangkan industri olahraga.

"Kedua, ingin liga-liga pertandingan olahraga itu masih dilaksanakan di level tingkat pendidikan sekolah dan kuliah dan juga untuk masyarakat kami diminta untuk menggalakan liga antar kampung. Ketiga, ingin ekosistem industri olahraga Indonesia semakin maju," kata Dito.