Rekam Jejak Menpora Dito Ariotedjo di Ranah Olahraga
Menpora yang baru, Dito Ariotedjo. (Foto: Instagram/@ditoariotedjo)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada Senin 3 April.

Sebelumnya, posisi itu dipegang Zainudin Amali. Namun setelah menjabat Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Amali memilih melepas jabatan.

Posisi kosong yang ditinggal Zainudin langsung diambil alih Menko PMK, Muhadjir Effendy, yang bertugas sebagai pelaksana tegas (Plt) Menpora.

Dito Ariotedjo yang merupakan seorang aktivis sosial politik Indonesia. Kader Partai Golkar kelahiran Jakarta, 25 September 1990 merupakan anak dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo.

Meski terbilang muda tapi kiprahnya di dunia politik bisa diperhitungkan, Dito kini menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), organisasi pemuda yang berada di bawah partai Golkar.

Sejak April 2022, Dito juga masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Di usianya yang baru 32 tahun, Dito juga menekuni dunia bisnis. Ia merupakan pengusaha yang juga bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport pada 2021 lalu.

Bakal menyandang status sebagai Menpora, jam terbang dan pengalaman Dito di bidang olahraga menjadi satu hal yang patut disorot.

Meski lebih dikenal sebagai politisi, nyatanya Dito juga kerap kali terlibat langsung sebagai sosok penting dalam event olahraga di Tanah Air.

Dito tercatat pernah pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia untuk Youth Olympic 2018 Argentina. Dito juga pernah menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Saat ini, Dito Ariotedjo bahkan menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023. Ia juga merupakan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

Berikut ini adalah profil Dito Ariotedjo, Menpora yang baru:

Nama lengkap: Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo)

Tempat lahir: Jakarta, 25 September 1990 (32 Tahun)

Pendidikan: Fakultas Hukum, Universitas Indonesia (2012), Purdue University, West Lafayette, Indiana dan Master of Science in Civil Engineering University of Michigan.

Jabatan: Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI)

Direktur Niaga PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

Direktur PT Aneka Tambang (Persero)

Chairman Rans Nusantara FC